Selasa, 08 Apr 2014 16:50 WIB

Antisipasi Caleg Stres

Antisipasi Caleg Stres, Dinkes Yogya Siapkan RSJ di Pakem

- detikHealth
foto: Detiknews foto: Detiknews
Yogyakarta -

Gagal dalam pemilihan umum bisa menyebabkan calon anggota legislatif maupun tim suksesnya mengalami stres. Mengantisipasi gangguan jiwa terkait hasil Pemilu, Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan antisipasi.

Untuk keperluan tersebut, Kepala Dinas DIY dr RA Arida Oetami mengatakan sudah ada persiapan di RS Jiwa Grahasia. Jika ada caleg yang stres atau mengalami gangguan jiwa seusai Pemilu, rumah sakit yang terletak di Jl Kaliurang Km 17, Pakem, Sleman tersebut siap melayani.

"Sudah (ada persiapan) di RSJ Grhasia," ujarnya ketika berbincang dengan detikHealth, Selasa (8/4/2014).

Pada Pemilu 2009, sebanyak 7.376 caleg menjadi stres lantaran gagal menjadi anggota dewan. Menurut data dari Kementerian Kesehatan, caleg stres untuk DPR RI sebanyak 49 orang, DPRD I sebanyak 496 orang, DPD sebanyak 4 orang, dan caleg DPRD II sebanyak 6.827.

Beberapa pakar memperkirakan jumlah ini akan meningkat pada Pemilu 2014.

Sedangkan untuk layanan kesehatan secara umum, dr Arida memastikan Unit Gawat Darurat (UGD) di Puskesmas maupun Rumah Sakit tetap buka. Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan Rabu (9/4/2014) sebagai hari libur, agar masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya.

"UGD tetap buka, baik rumah sakit maupun Puskesmas," lanjut dr Arida.

(up/up)