Jumat, 11 Apr 2014 11:30 WIB

Meski Sedang Populer, Berfoto 'Selfie' Tak Baik untuk Kesehatan Mental

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Memfoto diri sendiri alias selfie, kemudian mengunggahnya di jejaring sosial belakangan ini sedang populer. Namun sebaiknya jangan jadikan aktivitas ini sebagai kebiasaan jika tak ingin kesehatan mental Anda terganggu.

Dikutip dari BBC, Jumat (11/4/2014), menghabiskan banyak waktu untuk mengunggah foto dan 'mengamati' foto-foto orang lain secara berlebihan bisa membuat seseorang, khususnya wanita, merasa insecure atau tidak aman terhadap citra tubuhnya sendiri. Ini tentu akan berpengaruh terhadap mentalnya kelak, terutama jika berhubungan dengan kondisi tubuh.

Studi yang dilakukan oleh University of Strathclyde, Ohio University dan University of Iowa ini juga menyimpulkan bahwa semakin banyak wanita melakukan selfie dan mengunggahnya di media sosial, maka semakin mereka merasa dirinya negatif.

Untuk membuktikan kesimpulan tersebut, para peneliti dari ketiga universitas tadi melakukan survei terhadap 881 mahasiswi di Amerika Serikat. Responden ini harus menjawab pertanyaan tentang frekuensi penggunaan media sosial, pola makan dan olahraga, serta citra tubuh masing-masing.

Hasil penelitian yang dipresentasikan pada sebuah konferensi di Seattle, tidak menemukan adanya hubungan antara kebiasaan selfie dan mengunggahnya di media sosial dengan gangguan makan. Namun justru ditemukan adanya keterkaitan antara banyaknya waktu yang dihabiskan untuk mengamati foto-foto di media sosial dan perbandingan negatif citra tubuh.

Semakin banyak waktu yang dihabiskan wanita untuk melihat-lihat foto teman-temannya di media sosial, maka semakin mereka dibandingkan tubuhnya sendiri dengan orang lain. Ini tentu akan membuat mereka merasa negatif tentang penampilannya.

"Menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial tidak berhubungan dengan pola makan, tapi justru mengarah pada citra tubuh yang buruk," papar Petya Eckler, peneliti dari University of Strathclyde, Glasgow.

Citra tubuh adalah pengertian seseorang terhadap identitas dirinya sendiri, terutama tentang cara pandangnya terhadap kondisi fisik. Fenomena global yang saat ini sedang banyak diperhatikan adalah citra tubuh mengenai berat badan dan bentuk tubuh ideal, yang kemudian bisa dengan mudahnya mempengaruhi mental seseorang.

"Mereka yang masih berusia muda biasanya membandingkan diri mereka dengan foto-foto orang lain di media sosial. Yang berbahaya, mereka pada akhirnya merasa bersalah jika tubuh mereka tak seperti yang mereka lihati dari orang lain pada media sosial," lanjutnya.



(ajg/up)