ADVERTISEMENT

Selasa, 13 Mei 2014 16:12 WIB

Ini Sebabnya Alergi Obat Bisa Bikin Kulit Melepuh dan Mengelupas

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Obat yang diresepkan oleh dokter memang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda bagi tiap-tiap orang. Sehingga tak jarang konsumsi obat bisa memicu alergi yang jika tak segera diobati akan menyebakan kulit melepuh dan mengeluarkan cairan berbau tidak sedap.

Ya, sindrom Steven Johnson terjadi ketika seseorang alergi obat hingga menyebabkan kulitnya kering, terkelupas, melepuh, hingga mengeluarkan cairan berbau tak sedap.

Dikatakan dr Laksmi Duarsa SpKK dari D&I Skin Center di Denpasar, Bali, saat timbul reaksi alergi pada kulit, maka jaringan di antara sel-sel kulit akan mengeluarkan histamin. "Lama-lama kohesi atau perlekatan di antara jaringan kulit akan terlepas sehingga lapisan atas akan terangkat kalau terlalu banyak yang terangkat akan menyebabkan kulit melepuh," kata dr Laksmi saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (13/5/2014).

Hal serupa diutarakan dr Abraham Arimuko SpKK. Ia mengatakan pada dasarnya alergi memiliki tingkat ringan sampai berat. Pada sindrom Steven Johnson ini, alergi yang terjadi menyebabkan kerusakan pada jembatan kulit sehingga kulit di lapisan bawah mengalami kerusakan.

"Lalu, kulit di bagian atasnya terangkat sehingga timbul gelembung (lepuhan) yang bila ukurannya makin besar maka bisa pecah. Nah, bau busuk ini ditimbulkan karena ada pecahnya protein di kulit," tutur dr Abraham.

Mekanisme beberapa obat seperti analgesik, antibiotik, obat jamur, atau obat anti kejang bisa menyebabkan alergi masih belum diketahui pasti. Meskipun dicurigai terjadi apoptosis (kematian sel) dan interaksi reseptor permukaan sel dengan ligand (sejenis molekul atau ion), demikian dikatakan dr Laksmi.

(rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT