Senin, 16 Jun 2014 11:06 WIB

Muncul 'Alarm Symptom' Ini Saat Mag, Tandanya Harus Segera ke Dokter

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Jika selama ini beberapa gejala ringan mag kerap disepelekan, maka sebaiknya Anda waspadai gejala lanjutan berupa 'alarm symptom'. Bahkan dokter menyarankan Anda untuk segera berkonsultasi jika menemui gejala-gejala tersebut.

"Gejala awalnya kan ada mual, muntah, kembung, perut terasa cepet penuh, sering bersendawa, bisa sampai sakit ulu hati," ujar Prof dr Marcellus Simadibrata, PhD, SpPD-KGEH, kepada detikHealth.

Hal ini diungkapkan Ketua Perhimpunan Gastroenterologi Indonesia tersebut saat ditemui usai mengisi acara 'Natural Wellness Symposium SOHO Global Health' yang diselenggarakan di Grand Clarion Hotel, Makassar dan ditulis Senin (16/6/2014).

Penyebab penyakit ini menurut Prof Marcellus cukup beragam, mulai dari stres hingga salah memilih menu makanan (misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas atau asam akibat cuka).

"Mag biasa itu kalau tidak ada alarm symptom, jadi ke dokter umum atau pakai obat warung saja bisa. Tapi diwaspadai kalau sudah ada alarm symptom karena mengarah ke penyakit berbahaya," lanjutnya.

Beberapa contoh alarm symptom tersebut di antaranya berat badan yang menurun dan muntah darah.

"Pasien-pasien seperti ini harus ke dokter dan segera diperiksa dengan endoskopi," tegas Prof Marcellus.

(ajg/up)