Minggu, 27 Jul 2014 14:13 WIB

Hari Hepatitis Sedunia

1 Dari 4 Pasien Hepatitis Terancam Kematian Akibat Sirosis Hati

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta -

Hari Hepatitis Sedunia yang jatuh pada 28 Juli mendatang menjadi tantangan berat di bidang kesehatan. Diperkirakan 1 dari 4 pasien hepatitis terancam sirosis atau pengerasan hati yang mematikan karena merusak berbagai fungsi hati.

"Seperempat pasien hepatitis bisa mengalami sirosis hati, dan pasti meninggal," kata Prof Agus Purwadianto, Plt Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, ditemui baru-baru ini di Gedung Kemenkes, seperti ditulis Minggu (27/7/2014).

Sirosis hati menyebabkan berbagai fungsi metabolisme di hati terganggu. Jika tidak tertangani, kondisi ini bisa berkembang menjadi kanker hati yang mematikan. Di seluruh dunia, tercatat 1,4 juta kematian tiap tahun dipicu oleh hepatitis viral.

Mengutip data dari Global Burden of Disease Study 2010, CEVHAP (Coalition to Eradicate Viral Hepatitis in Asia Pacific) menyebut Asia Pasifik paling banyak menyumbang kematian akibat hepatitis. 70 Persen dari kematian akibat infeksi virus hepatitis di seluruh dunia terjadi di wilayah ini.

Data yang sama juga menyebut bahwa hepatitis merupakan penyebab terbanyak kedua kanker hati, lebih banyak dibanding konsumsi alkohol. Di Asia Pasifik, kematian akibat kanker hati yang dipicu oleh infeksi hepatitis tercatat 9 kali lebih banyak dari kanker prostat dan 2 kali lebih banyak dari kanker payudara.

Terkait mahalnya biaya pengobatan hepatitis, khususnya hepatitis C, Prof Agus menganjurkan kombinasi dengan obat tradisional. Menurutnya, ada beberapa tanaman yang potensial untuk dikembangkan sebagai obat alternatif untuk mencegah kematian akibat sirosis hati.

"Kita menganjurkan kombinasi. Tidak mengandalkan obat konvensional, tapi juga tradisional. Kita punya temulawak. Kalau risetnya bagus, curcumin dalam temulawak bisa mengarah ke pengobatan," kata Prof Agus yang juga anggota Komnas Saintifikasi Jamu.



(up/up)