Jumat, 12 Sep 2014 12:07 WIB

Studi Sebut Istri Bahagia Bikin Rumah Tangga Harmonis

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Getty Images) Ilustrasi (Foto: Getty Images)
Jakarta - Kebahagiaan dalam rumah tangga merupakan salah satu hal yang ingin dimiliki semua pasangan suami istri. Nah, untuk mendapatkan kebahagiaan itu, ada satu hal penting yang harus dicapai lho yaitu kebahagiaan istri.

Menurut studi terbaru dari Journal of Marriage and Family, ketika seorang istri bahagia, maka suami memiliki kepuasan tinggi dalam berumah tangga. Dengan begitu, kedua belah pihak akan bahagian dalam menjalani rumah tangganya serta taraf kesehatan keduanya pun lebih baik.

"Istri yang bahagia dalam rumah tangga membuat suaminya merasa lebih puas dengan kehidupan mereka. Tidak semata-mata karena materi, kebahagiaan istri juga bisa didapat dengan adanya saling keterbukaan dan keintiman di antara kedua belah pihak," terang ketua penelitian Prof Vicku Freedman dari University of Michigan Institute for Social Research.

Dikatakan Freedman, kepuasan suami bergantung pada bagaimana istri menjelaskan hubungan rumah tangga mereka. Ketika istri mengatakan kualitas rumah tangganya baik, suami akan merasa lebih puas, begitupun sebaliknya. Menurut co-author studi, sosiolog Deborah Carr, kualitas pernikahan sangat penting bagi pasangan suami istri.

"Apalagi bagi pasangan yang sudah lama menikah, hal ini sangat memengaruhi taraf kesehatan dan kadar tekanan dalam rumah tangga yang dialami pasutri. Kualitas pernikahan juga menjadi salah satu pertimbangan ketika pasutri ingin memutuskan sesuatu," tutur Deborah seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (12/9/2014).

Untuk studi ini, tim peneliti menganalisa data dari 394 pasangan berusia 60 tahun ke atas yang berpartisipasi dalam studi panel nasional. Peneliti bertanya tentang kepuasan hidup suami dan istri yang diukur dari kebahagiaan mereka ketika melakukan aktivitas rumah tangga.

Rata-rata, suami dan istri menyebutkan mereka puas dengan hidupnya. Hal itu dirasakan ketika mereka bisa saling terbuka dan mendukung satu sama lain. Tak hanya itu, taraf kesehatan mereka yang merasa bahagia pun lebih tinggi. Sebaliknya, tekanan atau beban hidup dirasa hanya sedikit sehingga mereka cenderung tidak terlalu stres.

"Bagi suami dan istri jelas bahwa kebahagiaan dalam rumah tangga memengaruhi kualitas hubungan, kesehatan, dan kondisi pskis mereka. Nah kebahagaiaan rumah tangga bisa didapat melalui faktor penting yakni kebahagiaan istri yang bisa membuat suaminya puas dengan kehidupan rumah tangganya," kata Freedman.

(rdn/vit)