ADVERTISEMENT

Minggu, 28 Sep 2014 13:00 WIB

Akibat Mulut Kering: Bibir Pecah-pecah Sampai Bau Mulut

- detikHealth
Jakarta -

Mulut kering yang disebabkan kurangnya produksi air liur pasti membuat seseorang merasa tidak nyaman. Apalagi, mulut kering alias xerostomia bisa menimbulkan masalah yang bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang, ya bau mulut yang tidak sedap.

Diutarakan drg Yulia Prapti, pada dasarnya, mulut kering atau xerostomia bisa terjadi karena produksi air liur yang berkurang. Akibatnya, seseorang menjadi tidak nyaman karena mulut terasa kering kemudian timbul sensasi seperti terbakar.

"Bibir juga bisa pecah-pecah, timbul luka pada mulut, kesulitan dalam berbicara, mengunyah, menelan dan merasakan makanan, bahkan memicu bau mulut," tutur drg Yulia ketika berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Minggu (28/9/2014).

drg Yulia menambahkan, kurangnya air liur juga akan menurunkan PH mulut sehingga mulut makin asam dan meningkatkan risiko kerusakan gigi serta penyakit gusi. Lantas, bagaimana caranya agar mulut tidak kering?

"Banyak minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari, banyak makan buah-buahan segar, menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi teratur. Kemudian, hindari minuman berkafein dan alkohol. Juga jangan stres sehingga tidak minum obat-obatan yg dapat menyebabkan mulut kering," terang ibu dua anak ini.

Produksi air liur yang berkurang atau berlebih dikatakan drg Yulia bisa disebabkan karena beberapa hal. Misalnya saja kondisi tubuh yang menurun karena berolahrga berat yang menyebabkan pengeluaran keringat cukup banyak.

"Bisa juga akibat pengeluaran urine yang berlebihan, pada penderita diabetes atau setelah diare yang cukup lama," tandas drg Yulia.

(rdn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT