Selasa, 27 Jan 2015 11:38 WIB

Telapak Kaki Pecah-pecah dan Tak Kunjung Sembuh, Hati-hati Infeksi Jamur

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Bagi seorang wanita, kesehatan kulit merupakan pertanda bagaimana kondisi tubuhnya secara keseluruhan. Jika kondisi kulit, termasuk kulit telapak kaki, pecah-pecah dan sulit disembuhkan, waspada Anda mengalami infeksi jamur.

"Salah satu penyebab kulit kaki gatal, kering, pecah-pecah, mengelupas dan menimbulkan rasa sakit adalah infeksi jamur pada kaki atau disebut juga athlete's foot. Pada dasarnya jamur dapat menginfeksi bagian tubuh manapun terutama yang sering lembab atau basah," ujar dr Nindita Hapsari Susanti, SpKK, kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (27/1/2015).

Dokter yang berpraktik di Klinik Bintaro Skin House ini juga menuturkan bahwa untuk memastikan diagnosis infeksi jamur, biasanya dilakukan pemeriksaan di laboratorium dengan mengerok sisik pada kulit untuk melihat apakah terdapat elemen jamur.

"Untuk menghindari infeksi jamur kaki, hal-hal yang diperhatikan antara lain menjaga kaki dan sepatu tetap kering, tidak menggunakan sepatu bila kaki dan sepatu basah, keringkan kaki dengan seksama setelah mandi. Selain itu pilih sepatu yang bisa membantu kulit Anda 'bernapas' dengan baik," lanjutnya.

Namun jika Anda sudah melakukan perawatan kulit sesuai anjuran dan keadaan kulit Anda tak membaik, ada beberapa kemungkinan penyebab lain kelainan kulit misalnya memiliki bawaan kulit kering atau memang kulit Anda tidak tahan terhadap suatu faktor eksternal. Pengobatan dan perawatan kulit dengan kasus seperti ini berbeda dengan kelainan kulit akibat infeksi jamur.

Bila kulit tak kunjung mengalami kesembuhan, jangan tunda untuk segera mengonsultasikan kepada dokter spesialis kulit agar bisa dipastikan diagnosis dan perawatannya lebih lanjut.

"Infeksi ini dapat menular dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lain, bahkan dari suatu objek tertentu misalnya dari kamar mandi umum atau alar pedicure salon yang tidak steril," imbuh dr Nindita.

(ajg/vit)