Kamis, 29 Jan 2015 16:38 WIB

Kata Psikolog, Ini Manfaat Curhat ke Sahabat

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Namanya kehidupan, tentu tak lepas dari aneka masalah. Jika tidak pandai-pandai mengelola permasalahan yang datang, maka stres yang didapat. Alhasil fisik pun jadi lebih mudah sakit akibat imunitas tubuh yang turun. Jika sedang ada masalah, ada baiknya curhat ke sahabat. Karena selain bikin mental lebih sehat juga bisa bikin panjang umur.

Menurut psikolog klinis dan psikoterapis Henny Wirawan ada sejumlah keuntungan memiliki sahabat. "Memiliki sahabat adalah salah satu kekayaan batin manusia. Persahabatan menjadikan manusia lebih sehat mental, karena di dalam persahabatan setidaknya dua orang dapat berbagi, yaitu berbagi suka maupun duka, berbagi cerita maupun materi," ungkap Henny saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Kamis (29/1/2015).

Tak hanya itu dengan kehadiran sahabat maka ada serangkaian kegiatan yang dapat dilalui bersama. Henny juga menyampaikan bahwa sahabat seyogianya memberikan penguatan emosional, dukungan nyata baik bantuan barang atau materi, serta informasi pada waktu yang diperlukan, sehingga sahabatnya terhindar dari rasa kesepian dan kesendirian.

Baca juga: Tes Fisik Seperti Ini Diklaim Bisa Bantu 'Prediksi' Umur Seseorang Lho

Disampaikan juga oleh Henny bahwa orang yang memiliki sahabat dan beraktivitas sehat bersama sahabatnya akan cenderung lebih sehat mental dan juga berpotensi lebih panjang umur, daripada yang tidak memiliki sahabat. Apalagi mereka yang senantiasa terbenam di dalam persoalan hidupnya seorang diri. Bayangkan saja jika seseorang sedang berada dalam situasi yang sulit, namun tak ada orang yang siap mendengarkan, memberi penghiburan dan penguatan.

"Berbahagialah mereka yang memiliki sahabat di kala sukar, bukan cuma sahabat atau teman tawa di dalam kesenangan yang mudah ditemukan di mana-mana," imbuh Henny.

Tujuan dari persahabatan adalah untuk berbagi rasa dan pengalaman hidup. Tentu nikmat jika ada dukungan sosial dari orang-orang dekat, terutama di saat-saat sulit. Terlebih sahabat-sahabat inilah yang sesungguhnya paling dapat diandalkan di dalam segala keadaan.

Baca juga: Resep Panjang Umur, Hindari 5 Hal Ini

Bersama sahabat ada kegiatan yang dapat dilakukan bersama. Sahabat juga bersedia berbagi pengalaman hidup yang akan membuat keadaan yang semula berat akan terasa lebih ringan, keadaan yang senang akan jadi lebih menyenangkan, karena ada orang yang sejalan dan sepikiran dengan turut menghayatinya.

(vit/vit)
News Feed