Jumat, 06 Mar 2015 16:35 WIB

Meniup Telinga Anak yang Kemasukan Air? Risikonya Pecah Gendang Telinga

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Sehabis berenang atau setelah mandi, terkadang ada air yang masuk ke telinga. Biasanya, orang tua meniup telinga anak dengan harapan air yang ada di telinga bisa keluar.

Namun Prof Zainul A Djaafar, SpTHT-KL dari RS Khusus THT Bedah KL Proklamasi, mengatakan bahwa kebiasaan tersebut memiliki risiko fatal. Jika tiupan orang tua terlalu kencang, gendang telinga anak yang masih sensitif bisa pecah seketika.

"Karena anak-anak apalagi di bawah 2 tahun itu kan organ tubuhnya belum tumbuh sempurna. Gendang telinganya masih sensitif sehingga jika ditiup bisa pecah gendang telinganya," tutur Prof Zainul, dalam temu media SOHO Globat Health di RS Khusus THT Bedah KL, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, dan ditulis Jumat (6/3/2015).

Baca juga: Ini yang Mesti Diperhatikan Jika Ingin Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Memang secara logika, Prof Zainul memaklumi tiupan orang tua sebagai salah satu bentuk memberikan kenyamanan pada anak. Namun tentu saja tiupan tersebut tak akan membuat air yang masuk ke liang telinga akhirnya keluar.

Dikatakan Prof Zainul bahwa cara terbaik untuk mengeluarkan air yang masuk ke liang telinga adalah dengan memasukkan lagi air ke dalam liang telinga, setelah itu miringkan kepala agar air bisa keluar.

"Masukin lagi saja, pakai tangan lalu miringkan kepala. Jadi nanti airnya mancing air yang di dalam liang untuk keluar," paparnya.

Jika air tak juga keluar, ia mengatakan berarti ada sesuatu yang mengganjal di dalam liang telinga. Sesuatu itu bisa apa saja mulai dari kotoran telinga yang mengeras atau terjadi pembengkakan.

Solusinya adalah pergi ke dokter THT untuk menjalani perawatan. Nanti dokter akan melihat apa penyebab air terganjal di dalam liang telinga, dan jika memang penyebabnya kotoran telinga yang mengeras dan menumpuk, tentunya kotoran tersebut harus dibersihkan.

"Kan di dokter THT biasanya ada yang untuk menyedot kotoran telinga berlebih. Nah itu juga bisa digunakan untuk mengambil air yang terperangkap di dalam liang telinga.

Baca juga: Telinga Kemasukan Benda Asing? Begini Penanganannya Menurut Dokter THT (Muhamad Reza Sulaiman/Nurvita Indarini)