Rabu, 11 Mar 2015 12:14 WIB

Ampuh Cegah Gangguan Prostat, Dokter Sarankan Pria Dewasa Rajin Makan Tomat

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Makassar -

Pembesaran prostat merupakan bagian dari proses penuaan yang kerap memicu banyak masalah. Untuk menghambat progresivitas gangguan tersebut, dokter menyarankan kaum pria untuk rajin-rajin makan tomat.

"Kalau yang masih muda-muda, makanlah tomat 300 gram tiap hari," kata dr Anna Khuzaimah, MKes, Kepala Balai Pengobatan Tradisional Masyarakat (BTKM) Makassar, Rabu (11/3/2015).

Baca juga: Ilmuwan Temukan Keterkaitan Antara Kanker Prostat dengan Kanker Payudara

Tapi tidak sembarangan, cara makan tomat ada aturannya agar manfaatnya maksimal. Karena kandungan yang berperan dalam menghambat perbesaran prostat adalah lycopene, maka sebaiknya tomat dipanaskan dulu sebelum dimakan.

"Kalau langsung dimakan, kita cuma dapat vitamin-vitamin yang larut air. Sebaiknya dipanaskan dulu, tapi disarankan tidak dipanggang," tambah dr Anna.

Menurut dr Anna, konsumsi sayur dan buah seperti halnya tomat bisa juga digolongkan sebagai pengobatan tradisional. Bahan-bahan tersebut tersedia di alam, berkhasiat dan sehari-hari dikonsumsi oleh masyarakat.

Bentuk pengobatan tradisional lainnya seperti jamu, akupunktur dan akupresure belakangan mulai marak dikembangkan. Pendekatan saintifik dan integrasi dengan pengobatan modern membuatnya makin diterima sebagai terapi komplementer.

Baca juga: Idap Kondisi Langka, Mahasiswi Ini Sangat Takut Saus Tomat

(up/vit)