Kamis, 26 Mar 2015 19:32 WIB

Tetap Sehat dan Bugar Meski Sibuk Bekerja? Bisa, Begini Triknya

- detikHealth
Illustrasi: Thinkstock Illustrasi: Thinkstock
Jakarta - Dengan kesibukan yang padat, ditambah waktu tempuh ke tempat bekerja yang cukup lama membuat penduduk di kota besar seperti Jakarta rentan terserang penyakit seperti flu dan batuk. Meski begitu, bukan berarti orang-orang yang sibuk bekerja tak bisa mengakali agar tetap fit dan bugar.

"Pola makan harus baik, pagi sarapan, siang makan tepat waktu jangan terlambat. Jangan lupa olahraga, yang paling mudah lari atau jalan cepat. Dianjurkan tiga kali seminggu minimal setengah jam,"kata Ketua Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (Perdoki) dr Nusye E Zamsiar.

Makan teratur dengan kandungan gizi lengkap dikatakan dr Nusye sangat penting sebab mag menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang pekerja. Maka dari itu, sebelum perut terasa perih, sudah sebaiknya segera 'diisi' meskipun dengan makanan ringan yang sehat. Atau, bisa juga diakali agar tak gampang kena mag yakni makan sedikit tetapi dengan frekuensi sering.

Baca juga: Tetap Langsing di Kantor dengan Menerapkan 5 Kebiasaan Sehat Ini

"Kalau tubuh sedang drop bisa minum suplemen, tapi jangan berlebihan. Sehari satu kali, yang penting jangan overdosis," lanjut dr Nusye ditemui usai Konferensi pers Saridon White and Black di Intercontinental Hotel MidPlaza, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Selain mag, penyakit lain yang umumnya dialami pekerja kantoran yaitu infeksi saluran kencing. Sebab, biasanya di tempat ber-AC orang jadi malas minum karena udaranya dingin dan malas berjalan ke toilet. Maka dari itu, dr Nusye mengingatkan untuk minum air dalam jumlah cukup dan jangan malas ke toilet.

Caranya, letakkan gelas atau botol di meja kerja dan biasakan dalam sehari harus habis beberapa gelas atau botol air. Jika pulang kerja terlalu malam, dr Nusye menyarankan untuk makan terlebih dulu. Namun, saat dirasa pekerjaan sudah selesai, akan lebih baik jika langsung pulang dan beristirahat. Apalagi, jika hanya di kantor untuk 'bermain-main' saja.

Baca juga: Olahraga Meski Sibuk Kerja di Kantor? Bisa, Begini Caranya

"Namanya kerja ya sebaiknya kerja, kalau tidak melakukan pekerjaan ya sebaiknya pulang. Di kantor cuma main games atau menonton sesuatu kan ada aktivitas di tangan atau mata itu. Terlalu sering dilakukan, maka akan menggerakkan otot tangan dan mata, nanti bisa muncul keluhan di jari, pergelangan tangan, atau mata," terang dr Nusye.

(rdn/vta)
News Feed