Sabtu, 11 Apr 2015 09:00 WIB

Seperti Apa Sih Sel Telur yang Baik dan Berkualitas?

- detikHealth
Jakarta - Bagi wanita, sel telur memiliki peranan penting untuk sistem reproduksinya. Terutama, ketika pasangan suami istri ingin segera memiliki anak. Lantas, seperti apakah sel telur yang baik dan normal jika dilihat dari segi kualitas dan kuantitasnya?

"Evaluasi ukuran folikel dapat dilakukan melalui ultrasonografi transvagina. Ada perhitungan sendiri yang cukup ribet untuk menentukan kesehatan sel telur berdasarkan jumlah sel telur, usia pasien dan hari haid ke berapa (dihitung dari hari pertama haid terakhir)," terang dr Hari Nugroho SpOG.

Menurut dr Hari, kualitas sel telur wanita juga bisa memburuk. Bebrerapa faktor yang memengaruhi di antaranya usia, riwayat operasi ovarium sebelumnya, serta apakah ada penyakit di ovarium misalnya tumor ovarium.

Baca juga: Kini, Sel Telur Wanita Bisa Dibikin Tak Terbatas di Laboratorium

"Lalu apakah terjadi ketidakseimbangan hormon serta riwayat kemoterapi atau radioterapi. Meski jarang, kelainan kromosom juga bisa membuat kualitas sel telur tidak terlalu baik," imbuh dr Hari dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Sabtu (11/4/2015).

Jika berbicara soal cara alami meningkatkan kualitas dan kuantitas sel telur, dikatakan ayah satu anak ini apabila penyebabnya karena ketidakseimbangan hormonal seperti PCOS (polycystic ovary syndrome) wanita bisa memperbaiki gaya hidupnya, menurunkan berat badan dan menambah aktivitas fisik dapat memperbaiki.

Praktisi kesehatan sekaligus pemndiri Natural Fertility Info Hethir Rodriguez, CH, CMT menuturkan royal jelly merupakan salah satu bahan makanan yang bisa membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sel telur.

Baca juga: Pertama di Dunia, Sel Telur Diambil dari Perempuan Meninggal

Ia menyarankan para wanita rutin mengonsumsi royal jelly dengan rutin selama tiga bulan sebelum merencanakan kehamilan. Tetapi, jika ada kondisi tertentu, Rodriguez sangat menganjurkan Anda untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

"Makanan lain yang baik untuk meningkatkan kualitas dan jumlah sel telur di antaranya brokoli, buah berry, salmon, biji labu, dan jahe. Sebaliknya, soda, rokok, kafein, alkohol, gula berlebih, serta makanan olahan berlebih tidak baik untuk kesehtaan sel telur," kata Rodriguez.

(rdn/up)