Studi: Konsumsi Jus Delima Bisa Turunkan Risiko Stroke dan Sakit Jantung

ADVERTISEMENT

Studi: Konsumsi Jus Delima Bisa Turunkan Risiko Stroke dan Sakit Jantung

- detikHealth
Senin, 13 Apr 2015 19:03 WIB
Jakarta -

Menghindari obesitas dan menjalani pola hidup sehat merupakan cara yang banyak dilakukan agar terhindar dari penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung. Nah, untuk mencegah sakit jantung, ada lho satu jenis buah yang bisa Anda konsumsi.

Delima atau yang dikenal dengan pomegranate adalah salah satu buah yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Apalagi, delima memiliki kandungan vitamin seperti A, C, E, zat besi, antioksidan polyphenols seperti tannin dan anthocyanin. Delima bisa dikonsumsi terutama ketika tubuh membutuhkan kandungan antioksidan dalam porsi besar.

Beberapa studi menemukan bahwa kandungan antioksidan jus delima tiga kali lebih banyak dibandingkan teh hijau. Delima juga sudah terbukti mampu mengurangi stres, melawan arthritis dan bahkan membantu mengatasi impotensi.

Baca Juga : Banyak Konsumsi Antioksidan Bantu Kurangi Risiko Katarak

Baru-baru ini, sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi setengah gelas jus delima setiap harinya, bisa membantu melindungi seseorang dari serangan jatung dan stroke. Untuk studi ini, para peneliti di Technion-Israel Institute of Technology melakukan uji coba pada beberapa tikus yang memiliki kadar kolesterol tinggi akibat kegemukan serta gangguan pada sel-sel arterinya.

"Kami menemukan bahwa dengan mengonsumsi jus buah delima secara teratur akan meperlambat laju therosclerosis dan melunturkan penumpukan zat lemak di arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Secara keseluruhan, kadar kolesterol pada arteri menurun 28 persen," tutur tim peneliti dalam laporannya dan dikutip dari berbagai sumber pada Senin (13/4/2015).

Meski uji coba baru dilakukan pada tikus, peneliti yakin jika hal ini kemungkinan besar pun akan berlaku pada manusia. Untuk itu, rencananya akan dilakukan uji coba lebih lanjut dengan menggunakan sampel manusia. Seperti diketahui, delima telah lama dikenal sebagai sumber makanan kaya polifenol dan anthocyanins, yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk membantu tubuh terhindar dari kanker.

Tingginya tingkat antioksidan yang ada dalam buah delima diyakini dapat membantu memerangi penyakit jantung. Diutarakan tim peneliti, konsumsi setengah gelas jus delima (sekitar 115 ml) setiap harinya bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga : Manfaat Jus Mangga untuk Bantu Program Diet Anda



(rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT