Kamis, 16 Apr 2015 18:05 WIB

Sedang Dikembangkan! Alat Pengambil Sampel Darah Tanpa Rasa Sakit

- detikHealth
Prototipe alat pengambil darah tanpa rasa sakit (Foto: David Tenenbaum-UWM/Medical Daily)
Jakarta - Proses pengambilan sampel darah menggunakan jarum suntik tentunya meninggalkan rasa sakit. Meski sedikit, rasa sakit dan takut kepada jarum suntik diyakini pakar dapat menghambat proses pengobatan seseorang.

Atas dasar itulah Ben Casavant dari Tasso Inc sedang mengembangkan tekonologi baru. Menggunakan prinsip vakum, ia sedang membuat alat pengambil sampel darah tanpa jarum suntik dan tak terasa sakit.

"Teknologi ini sangat bergantung dari tekanan yang mengatur peredaran darah melalui pori-pori yang sangat kecil di kulit," tutur Ben, dikutip dari Medical Daily, Kamis (16/4/2015).

Baca juga: Tengah Dikembangkan, Termometer Canggih yang Bekerja dengan Tenaga Surya

Belum ada penjelasan lebih lengkap mengenai bagaimana alat ini bekerja. Yang pasti, mereka yang sudah mencoba menggunakan produk ini mengatakan bahwa rasanya berbeda dengan diambil darah menggunakan jarum suntik.

Ben juga menjelaskan bahwa dasar ide pembuatan alat ini adalah proses pengambilan darah yang memakan waktu dan terasa sakit. Masih ada orang dewasa yang takut dengan jarum suntik, atau tidak sempat untuk datang ke rumah sakit.

"Dengan alat ini Anda cukup menempelkannya di kulit selama kurang lebih dua menit. Biarkan ia bekerja, dan Anda bisa mengantarkan tabung berisi sampel darah Anda dalam perjalan pulang dari kantor," tuturnya lagi.

Bahkan, proyek penelitian sudah mendapat bantuan dana sebesar Rp 38,5 miliar dari Defenses Advanced Research Projects Agency (DARPA). Bantuan ini diberikan agar alat yang dibuat Ben bisa segera selesai dan dapat dipasarkan secepatnya.

"Orang-orang sebelumnya mengolok-olok saya ketika kami mempresentasikan alat ini. Namun DARPA memberikan bantuan dana kepada kami dan kami yakin sponsor lain akan berdatangan. Tujuan kami adalah alat yang simpel, berguna dan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat," paparnya lagi.

Saat ini, alat yang belum diberi nama tersebut sedang dalam proses penyelesaian akhir. Rencananya alat tersebut akan didaftarkan ke Food and Administration (FDA) Amerika Serikat tahun ini.

Baca juga: Seorang Petani di Tiongkok Temukan Mesin untuk Hilangkan Batu Ginjal

(mrs/vit)