Rabu, 06 Mei 2015 13:43 WIB

Banyak Gejala, Multiple Sclerosis Sulit Terdiagnosis Sejak Awal

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Penyakit multiple sclerosis (MS) yang menyerang tokoh komedian Pepeng dikatakan dokter adalah penyakit yang sulit untuk dideteksi. Gejalanya tak selalu sama untuk tiap pasien dan mirip dengan penyakit lain.

dr Yuda Turana, SpS, dari Dept Neurologi FK UNIKA Atmajaya mengatakan MS bisa menyerang seluruh sistem saraf dalam tubuh. Penyakit imunitas ini tak terfokus hanya muncul di satu tempat saraf sehingga gejalanya pun beragam.

"Gejala MS bisa mirip stroke, bisa mirip apa saja tergantung lokasinya. Kalau di Australia misalnya MS lebih sering menyerang mata jadi membuat penglihatannya kabur," ujar dr Yuda ketika dihubungi detikHealth pada Rabu (6/5/2015).

Baca juga: Mengenal Multiple Sclerosis yang 'Menggerogoti' Pepeng Hingga Akhir Hayat

Bila MS menyerang sistem saraf pusat seseorang bisa lumpuh dan ini biasanya disamakan seperti serangan stroke. dr Yuda mengatakan karena MS adalah penyakit langka maka stroke adalah penyakit yang biasa pertama kali diduga.

Bedanya MS ini diketahui bisa pulih kambuh layaknya penyakit asma. Pada kasus berat kelumpuhan bisa menetap tapi yang ringan pasien bisa saja pulih tapi tak menutup kemungkinan akan lumpuh lagi.

"Pasien datang tiba-tiba kelumpuhan biasanya stroke tapi dari histori dia pernah lumpuh kaki, terus sempat gangguan mata, terus sembuh lagi. Kalau begitu kita mulai berpikir dia stroke atau MS," papar dr Yuda.

"Diagnosisnya MS itu baru ketahuan setelah gejala kedua timbul dan di tempat berbeda. Kalau gejala pertama itu kita mikir yang umum dulu misal stroke," jelasnya.

Baca juga: Sama Seperti Pepeng, Tokoh-tokoh Ini Juga Mengidap Multiple Sclerosis

(Firdaus Anwar/Nurvita Indarini)