Keinginan untuk Ngemil di Malam Hari Sering Menggebu-gebu? Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Keinginan untuk Ngemil di Malam Hari Sering Menggebu-gebu? Ini Penyebabnya

- detikHealth
Kamis, 07 Mei 2015 19:01 WIB
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Jika Anda merasa keinginan untuk ngemil camilan ini dan itu sering terasa lebih besar di malam hari , jangan kemudian langsung menyalahkan diri sendiri. Sebab alasannya bisa jadi adalah karena faktor dari dalam tubuh Anda sendiri.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kepuasan rasa dan efek kenyang di malam hari tak sama seperti yang terjadi di siang hari. Sehingga membuat kita ingin makan terus dan terus sampai kenyang.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti menggunakan scan MRI guna mengukur bagaimana otak manusia bereaksi terhadap gambar makanan berkalori tinggi dan gambar makanan rendah kalori pada waktu yang berbeda sepanjang hari.

Baca juga: Jenis Gula yang Dikonsumsi Turut Pengaruhi Keinginan Makan Seseorang

Mereka menemukan bahwa gambar makanan, terutama makanan yang tinggi kalori, menghasilkan lonjakan aktivitas otak pada otak, namun respons ini lebih rendah di malam hari.

"Anda mungkin lebih banyak mengonsumsi makanan sejenis ini di malam hari karena terasa tak memuaskan. Anda tanpa disadari akan ingin makan lebih banyak agar kenyang," ujar penulis studi ini, Travis Masterson dari Brigham Young University di Amerika Serikat, seperti dikutip dari CBS News, Kamis (7/5/2015).

Terbukti, para peserta studi juga melaporkan bahwa mereka lebih 'sibuk' menghabiskan waktu dengan makanan di malam hari. Untuk penelitian ini, para peserta diminta untuk melihat 360 gambar makanan sementara mereka diperiksa di dalam scanner MRI. Sesi ini dilakukan dua kali, pada pagi dan malam hari.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Brain Imaging and Behaviour.

Baca juga: Galau hingga Kulit Bergelambir, Efek Samping Paling Aneh dari Diet Ekstrem

(ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT