ADVERTISEMENT

Jumat, 15 Mei 2015 18:34 WIB

Ingin Tahan Sakit Saat Disuntik? Coba Lakukan Teknik Napas Ini

- detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Disuntik bagi beberapa orang adalah sesuatu yang berat dan butuh persiapan mental lebih. Kebanyakan takut melihat jarum menusuk kulit dan sebagian lagi tak tahan sakitnya. Nah bagi mereka yang ingin agar suntikan tak terlalu sakit cara menahan napas mungkin bisa dicoba.

Seseorang yang mengalami stres pembuluh darahnya akan menebal dan tekanan darah pun meningkat untuk memberikan tubuh tenaga lebih pada keadaan darurat. Namun tubuh juga punya respon alami untuk menenangkan dirinya.

Peneliti dari University of Jaen di Spanyol mengatakan sensor rasa sakit di paru-paru dapat membawa tekanan dalam tubuh kembali turun. Sinyal dari sensor ini juga bisa membuat otak sedikit mengebaskan susunan saraf.

Baca juga: Teknik Napas 4-7-8, Cara Sederhana untuk Bantu Redakan Nyeri

Salah satu peneliti, Gustavo Reyes del Paso lebih lanjut mengatakan sensor pada paru-paru tersebut bisa dipicu dengan cara menahan napas. Ia membuktikannya dengan meminta 38 orang untuk mengikuti uji ketahanan sakit.

Partisipan diminta menahan napasnya lima detik sementara Reyez menjepit kuku mereka untuk memberikan rasa sakit. Eksperimen kemudian di ulang tapi kali ini partisipan tidak menahan napasnya.

Hasilnya partisipan melaporkan rasa sakit yang lebih minim ketika mereka menahan napas. Reyez berpikir efek ini didapat karena tubuh menjadi lebih rileks dan telah menyiapkan diri untuk menerima cedera.

"Persepsi sakit berkurang ketika stimulasi diterima setelah menahan napas. Hasil ini menunjukkan bahwa gerakan pernapasan yang sederhana dapat digunakan untuk mengurangi sakit," kata Reyez seperti dikutip dari jurnal Pain Medicine pada Jumat (15/5/2015).

Reyez menambahkan bahwa efek teknik ini tak bisa digunakan untuk rasa sakit yang tiba-tiba seperti ketika terantuk. Seseorang harus menggunakan teknik pernapasan sebelum menerima sakit sehingga situasi yang paling mungkin adalah saat akan disuntik.

Baca juga: Ini Dia Makanan Alami yang Bisa Mengatasi Asma https://health.detik.com/read/2013/05/01/185854/2235646/775/ini-dia-makanan-alami-yang-bisa-mengatasi-asma

(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT