ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Jun 2015 13:02 WIB

Susah Buang Air Besar? Jangan Buru-buru Minum Obat

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Konstipasi atau kondisi di mana proses buang air besar menjadi sulit dan tak serutin biasanya tentu dapat membuat seseorang merasa tak nyaman. Namun jangan khawatir, kondisi ini bisa kok diatasi dengan cara alami.

Yang pasti, jangan terburu-buru mengonsumsi obat. Asalkan kesehatan sistem pencernaan, khususnya usus tetap dijaga tetap sehat, konstipasi bisa teratasi dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak serat.

"Seiring dengan bertambahnya usia, otot-otot di seluruh tubuh menjadi kurang efisien. Salah satunya adalah otot usus besar. Menjaganya tetap sehat sangat penting agar ia tetap bisa bergerak dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi cukup serat," ungkap dr Kumar Desai dari Los Robles Hospital, California, dikutip dari Fox News, Selasa (16/6/2015).

Baca juga: Jangan Malas Makan Sayur! Ini Manfaat Tak Terduganya untuk Telinga

Makanan tinggi serat termasuk lentil, pir, raspberry, kacang-kacangan, roti gandum, dan biji rami. Plum dan buah ara juga bisa menjadi pilihan karena mereka tidak hanya tinggi serat, tetapi juga mengandung sorbitol, yang dapat bertindak sebagai pencahar alami. Demikian disampaikan Vandana Sheth, ahli gizi ahli sekaligus juru bicara Academy Of Nutrition and Dietetics (AND).

Cara lainnya yang tak kalah penting adalah mengonsumsi cukup air putih. Memenuhi cairan tubuh, khususnya dari air putih, akan membantu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan.

Sebab minum air yang cukup membantu fungsi sistem pencernaan bekerja efektif, salah satunya membuat sistem pembungan limbah efisien. Karenanya jika mengalami gejala tidak nyaman seperti sembelit, sebaiknya jangan langsung mengonsumsi suplemen serat tinggi, tapi cobalah periksa asupan air terlebih dahulu.

Triknya, minumlah segelas air hangat saat perut kosong di pagi hari dapat meningkatkan gerakan usus dan menyembuhkan sembelit. Air hangat dapat memecah partikel makanan dan melewatinya melalui usus.



(ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT