Selasa, 28 Jul 2015 10:00 WIB

Tak Selalu Cengeng! Menangis Juga Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Orang yang sering menangis sering dianggap cengeng, padahal meluapkan emosi dengan menangis juga memiliki manfaat sehat lho.

Salah satu manfaat dari menangis yang sering disebut-sebut adalah membantu membersihkan mata secara alami. Ya, pada dasarnya air mata memang dapat membasahi bola mata dan kelopak mata, sehingga mencegah membran mukosa mengalami kekeringan.

Selain itu, air mata juga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan virus. Cairan air mata secara alami mengandung lisozim, cairan yang dapat membunuh 90-95 persen dari hampir semua jenis bakteri yang dapat menyerang mata hanya dalam 5-10 menit.

Baca juga: Studi: Air Mata Bahagia Keluar untuk Bantu Kendalikan Emosi

Dengan meluapkan emosi melalui air mata, suasana hati diyakini dapat membaik. Seperti diketahui bahwa menahan emosi dapat menimbulkan kecemasan, kegelisahan, kelelahan, agresi, yang jika didiamkan dapat mengarah pada gangguan emosional.

Hal ini dibenarkan oleh psikolog anak lulusan Magister Profesi Klinis Anak Universitas Indonesia, Ratih Zulhaqqi, MPsi. Menurutnya, menangis adalah manifestasi dari bentuk perasaan tertentu, bisa saja perasaan senang, sedih, atau terharu.

"Ada beberapa orang yang cukup sensitif secara emosi sehingga mudah sekali mengeluarkan air mata karena emosinya mendominasi keputusan atau penyelesaian masalah," ujar Ratih kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Selasa (28/7/2015).

Sementara itu, seorang psikoterapis berlisensi di San Jose California, Sharon Martin, menyebutkan ada banyak keuntungan saat menangis. Salah satunya adalah membersihkan energi negatif dan memungkinkan untuk energi positif bisa masuk.

Baca juga: Synaesthesia: Kondisi yang Buat Orang Bisa Lihat Bau dan Mendengar Warna

(ajg/up)