Melewatkan Sarapan Bisa Berdampak Buruk Bagi Pengidap Diabetes

ADVERTISEMENT

Melewatkan Sarapan Bisa Berdampak Buruk Bagi Pengidap Diabetes

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 29 Jul 2015 19:49 WIB
Foto: Thinkstock
Tel Aviv - Kebiasaan melewatkan sarapan pagi memang tak baik. Pada pengidap diabetes terutama hal ini membawa dampak buruk karena bisa merusak metabolisme lebih jauh.

Studi oleh peneliti dari Tel Aviv University menemukan ketika 22 pasien diabetes tipe 2 tak sarapan, peningkatan gula darah saat makan siang dan malam terjadi lebih tinggi dari biasanya.

Salah satu peneliti, Daniela Jakubowicz mengatakan diduga bahwa ketika pengidap diabetes tak sarapan kemampuan tubuhnya mengolah gula darah berkurang. Ia mengaku terkejut setelah mengetahui metabolisme glukosa ini bisa jadi sangat terganggu.

"Ini artinya upaya mengurangi gula saat makan siang dan malam tidak akan berpengaruh pada pengurangan kadar glukosa yang tinggi jika pasien juga melewatkan sarapan," kata Jakubowicz seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (29/7/2015).

Baca juga: Sarapan Sehat untuk Orang Diabetes

Studi yang telah dipublikasi di jurnal Diabetes Care ini melihat bagaimana kondisi gula darah 22 pasien sehari saat mereka sarapan dan dibandingkan dengan saat mereka tak sarapan. Hasilnya ketika pasien melewatkan sarapan ada peningkatan gula darah 40 persen lebih tinggi saat makan siang dan 25 persen saat makan malam.

Semua pasien telah diatur mendapatkan makanan bergizi seimbang dengan jumlah kalori yang sama.

Ketika pasien tak sarapan pankreasnya dikatakan Jakubowicz mungkin kesulitan menghasilkan jumlah insulin yang tepat untuk mengontrol gula darah. Sel beta jadi lebih lambat mengeluarkan insulin yang berujung gula darah tinggi untuk waktu yang lebih lama setelah makan.

Karena studi hanya melibatkan pengidap diabetes tipe 2 peneliti mengaku tak yakin apakah efek yang sama juga akan terjadi pada orang sehat.

Baca juga: Studi Ungkap Sarapan Bubur Bisa Pangkas Risiko Diabetes Tipe 2 Lho (fds/ajg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT