Jumat, 11 Sep 2015 14:45 WIB

Bahaya Jarum Pentul Tertelan

Penting! Ini Bahayanya Menelan Jarum Tajam

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Jarum yang biasa ditaruh di mulut saat wanita merapikan kerudungnya rentan tertelan. Untuk kesehatan ini berbahaya karena jarum bisa menimbulkan luka.

Kejadian jarum tertelan dikatakan dokter telinga hidung dan tenggorok (THT) cukup umum terjadi. dr Agus Subagio, SpTHT, misalnya mengaku ia sewaktu praktik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) bisa menangani satu sampai dua kasus per bulan.

"Jarum kalau tertelan memang ada dua kemungkinan bisa masuk ke saluran pernapasan atau saluran pencernaan. Untuk mengetahuinya tidak sulit karena jarum itu logam jadi ketika di rontgen di dada akan terlihat gambaran jarum," ujar dr Agus yang kini aktif praktik di RS Puri Indah ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Jumat (10/9/2015).

Baca juga: Awas Tertelan, Jangan Biasakan Gigit Jarum Pentul Saat Rapikan Kerudung

Baik di saluran pernapasan atau saluran pencernaan, benda asing tajam seperti jarum sangat berbahaya bila dibiarkan karena bisa menimbulkan luka. Nantinya luka tersebut berisiko jadi infeksi yang berbahaya.

"Perlukaan di saluran napas atau cerna berpotensi menimbulkan infeksi atau abses (infeksi yang disertai nanah). Abses di saluran napas ini berpotensi menyebabkan sesak atau bahkan sama sekali tak bisa bernapas. Kalau ada infeksi di saluran tenggorok akan nyeri saat menelan atau jika sudah parah makanan enggak bisa masuk sama sekali," papar dr Agus.

dr Bagas Wicaksono, SpTHT, dari RSIA Kemang menambahkan bahwa ada juga kemungkinan terjadinya gagal paru-paru bila terjadi pendarahan.
"Setelah menelan jarum, mungkin bikin lecet sepanjang jalan jadi pendarahan. Saat pendarahan kalau jumlahnya cukup banyak bahkan bisa menyebabkan paru-paru kolaps," kata dr Bagas.

Kemungkinan munculnya sepsis atau komplikasi parah akibat infeksi juga turut mengancam. Ada kasus yang pernah ditangani dokter satu pasien alami infeksi parah yang menjalar sampai ke jantung.

"Kasus fatal pernah ada pasien ketika itu benda asingnya duri ikan. Dia makan ikan durinya nyangkut terus terjadi perlukaan didaerah tenggorok dan karena punya kencing manis terjadi abses. Infeksi parah ini menjalar sampai ke rongga dada terus ke sekitar jantung dan akhirnya pasien tak tertolong," terang dr Agus.

Baca juga: Baca juga: Hebat! Polisi Ini Berhasil Selamatkan Bocah 2 Tahun yang Telan Uang Logam (fds/vit)