Senin, 05 Okt 2015 15:37 WIB

Setahun Dikira Cystic Fibrosis, Wanita Ini Ternyata Kena Penyakit Misterius

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: YouTube
Jakarta - Hampir seumur hidupnya, Bailey Anne Vincent memang kerap sakit-sakitan. Di masa mudanya, Vincent mengaku kerap mengalami radang tenggorokan, bronkitis, dan infeksi pada sinusnya.

Namun sayang orang tua Vincent tak merasa perlu untuk mencari bantuan ke dokter atau rumah sakit, sehingga Vincent dibiarkan begitu saja.

Setelah bertahun-tahun menahan diri, Vincent akhirnya gerah juga. Ia kemudian memutuskan mendatangi sebuah rumah sakit, dan didiagnosis dengan cystic fibrosis (CF).

Bukannya sedih, Vincent saat itu justru merasa lega karena akhirnya ia mendapatkan pengobatan yang dibutuhkannya, walaupun karenanya ia harus bergantung obat-obatan.

"Kami jadi tahu apa yang harus dilakukan, dan tubuh saya berterima kasih untuk itu," tuturnya.

Baca juga: Idap Cystic Fibrosis, Nichola Tak Bisa Gemuk Meski Asup 8.000 Kalori Sehari

Namun bagi Vincent, ini semua tak mudah. Ia mengaku harus menenggak 30 pil lebih dalam sehari, dipasangi nebulizer, dan mendapat suntikan antibiotik berulang kali. Karena kondisinya, Vincent juga mengalami ketulian.

(Foto: Instagram)

Untungnya meskipun dalam pengobatan, Vincent juga tetap bisa hamil dan melahirkan seperti wanita pada umumnya. Namun pada saat putra pertamanya lahir ke dunia, keanehan terjadi.

Dokter yang merawatnya menemukan bahwa paru-paru wanita yang berprofesi sebagai blogger kecantikan dan koreografer ini telah mengalami kerusakan, begitu juga dengan sistem sarafnya.

Kendati gangguan pada paru-paru juga terindikasi sebagai salah satu gejala cystic fibrosis, namun dokter mengaku kondisi Vincent yang sebenarnya bisa lebih buruk dari cystic fibrosis.

"Dokter menemukan dalam tubuh saya sedang tumbuh varian bakteri 'nakal' yang kasusnya belum pernah terjadi di rumah sakit itu sebelumnya. Bahkan suatu ketika dokter mengatakan mereka hanya bisa bilang penyakitnya berupa 'kompleks' tapi tidak dapat menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi," keluh Vincent seperti dikutip dari XO Jane.com, Senin (5/10/2015).

Satu-satunya hal yang bisa disarankan dokter adalah Vincent tetap melanjutkan pengobatan cystic fibrosisnya, kendati diagnosis yang sebenarnya mungkin takkan pernah terungkap.

Kini Vincent aktif membagi kisahnya lewat saluran YouTube miliknya, Makeover Momma. Dalam kampanyenya, ia ingin meningkatkan pemahaman masyarakat tentang cystic fibrosis, dan kurangnya riset tentang kondisi tersebut.

Dengan kisahnya, ibu dua anak itu juga ingin menunjukkan empati kepada mereka yang mengidap penyakit misterius seperti dirinya.

"Anda tak perlu merasa minder, malu atau terkucilkan karena penyakit rumit yang Anda miliki," tawarnya.

Baca juga: Wanita 31 Tahun Tapi Paru-parunya Sudah Berumur 60 Tahun

Cystic fibrosis merupakan suatu kelainan genetik yang menyebabkan organ internal terutama paru-paru dan sistem pencernaan tersumbat lendir lengket dan tebal. Akibatnya, bisa timbul infeksi kronis dan radang.

Dalam keseharian, pasien cystic fibrosis memang tampak sehat meskipun mereka harus mengonsumsi kalori cukup banyak, minum obat dengan rutin, dan menjalani fisioterapi. (lll/up)