Jumat, 23 Okt 2015 17:18 WIB

Nutrisi di Ikan Lele: Asam Lemak Sehat Hingga Asam Folat

Radian Nyi Sukmasari, Martha HD - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Ikan lele menjadi salah satu ikan air tawar yang harganya cukup terjangkau. Sehingga, tak heran cukup banyak orang hobi mengolah lele. Nah, pada ikan lele sebenarnya terkandung nutrisi apa saja sih?

Diungkapkan ahli gizi Moch Aldis Ruslialdi, SKM, lele merupakan salah satu pangan alternatif yang kaya akan protein dan mineral. Meskipun, menurut Aldis, sebetulnya omega 3 dan asam lemak-asam lemak yang terkandung di dalam lele tidak sebaik ikan laut.

"Tapi, dibanding ikan air tawar lain, lele cenderung lebih baik karena kandungan proteinnya yang lebih tinggi dengan gramasi yang sama," kata Aldis dalam perbincangan dengan detikHealth, Jumat (23/10/2015).

Lantas, bagaimana dengan anggapan bahwa kandungan nutrisi pada lele baik untuk perkembangan otak, terutama anak-anak? Aldis menuturkan nutrisi pada lele disebut bisa merangsang perkembangan otak lebih merujuk pada asam lemak sehat yang terkandung di dalamnya.

Namun, jumlahnya menurut Aldis tetap tidak setinggi kandungan asam lemak yang ada pada ikan laut seperi salmon, tuna, atau kakap. Tapi, setidaknya kandungan asam lemak sehat tersebut minimal bisa membantu perkembangan otak.

Baca juga: Sesuap Lele Mengandung 3.000 Sel Kanker, Hoax atau Fakta?

"Selain itu, kandungan asam folatnya yang lumayan tinggi juga mampu membantu perkembangan otak, terutama buat perkembangan otak anak," ucap Aldis.

Dihubungi terpisah, ahli gizi Leona Victoria Djajadi MND menuturkan salah satu nutrisi yang terkandung pada lele yakni protein dan asam lemak yang termasuk minyak tidak jenuh, tetapi tidak mengandung karbohidrat. Terkait kelebihan ikan lele dibanding ikan tawar lainnya, menurut Victoria lebih tepat jika ditilik dari harganya yang cukup terjangkau.

"Namun, lebih baik disarankan mengonsumi ikan yang bervariasi karena semua nutrisi yang terkandung dari berbagai jenis ikan saling melengkapi," ujar lulusan University of Sydney ini. (rdn/vit)