Senin, 26 Okt 2015 14:05 WIB

Peneliti Sebut Kadar Kolesterol Tinggi Berhubungan dengan Nyeri Otot

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Dokter sudah sering memperingatkan pasien untuk menjaga kolesterol bila tak ingin memiliki masalah jantung. Namun demikian kini sepertinya bukan jantung saja yang terbukti akan jadi bermasalah bila kolesterol tak terjaga.

Peneliti dari University of Canberra dan Monash University di Australia mengatakan bahwa orang yang kadar kolesterolnya tinggi cenderung rentan terhadap nyeri otot atau perubahan struktur pada otot. Salah satu peneliti James E. Gaida bahkan mengatakan akibatnya cedera otot juga akan mudah terjadi.

Otot yang terpengaruh kolesterol bisa di mana saja. Mulai dari otot berputar di bahu sampai otot Achilles di tumit.

"Yang menarik adalah kami menemukan bahwa pola perubahaan tingkat kolesterol terhadap tendinopathy (nyeri otot) punya kemiripan seperti yang terjadi pada risiko penyakit kardiovaskular. Sepertinya yang buruk untuk jantung juga buruk untuk otot," kata James kepada Reuters dan dikutip pada Senin (26/10/2015).

Baca juga: 10 Langkah Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam laporan yang ditulis di jurnal Sports Medicine, peneliti melakukan studi literatur terhadap 17 penelitian tentang tingkat kolesterol dan obat penurun kolesterol lalu kemudian membandingkannya dengan data kejadian nyeri otot partisipan. Mereka menemukan bahwa makin tinggi kolesterol, makin tinggi pula kejadian nyeri otot.

Peneliti berteori bahwa ketika kadar kolesterol tinggi, sebagian akan tersimpan di otot yang bisa berujung pada peradangan dan merubah struktur otot. Karena bentuk otot berubah maka ia tak bisa berfungsi penuh dan rentan menimbulkan rasa sakit juga cedera.

"Rasa sakit kemungkinan besar karena kolesterol terakumulasi di otot, meski sepertinya kenapa bisa menumpuk mungkin karena faktor genetik," ujar Direktur Penn Center for Musculoskeletal Disorders, Louis J. Soslowsky, mengomentari studi ini.

Dalam penelitian ditarik kesimpulan ada kaitan antara kolesterol dan sakit otot. Tapi belum diketahui pasti pola hubungannya, apakah kolesterol membuat sakit otot atau karena sakit otot orang jadi malas bergerak dan banyak makan sehingga membuat kolesterol tinggi.

Baca juga: Ini yang Dirasakan Tubuh Kalau Punya Kolesterol Tinggi (fds/rdn)