Kamis, 29 Okt 2015 08:02 WIB

Leher Menghitam Digigit Laba-laba Beracun yang Nyangkut di Jemuran

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: ivabalk/Pixabay
Jakarta - Siang itu, Sunil Dade membantu mengangkat jemuran milik keluarganya di halaman belakang mereka. Tetapi secara tiba-tiba, ia merasa seperti 'tersambar petir'. Apa yang terjadi padanya?

Setelah mengecek jaket hoody yang dikenakannya, ia mendapati seekor laba-laba gemuk berjalan di dalamnya. Ia pun sontak berlari ke arah sang adik, Sandeep (25).

Sunil nampaknya khawatir jika hewan itu telah menggigit dirinya. Namun sebelum memastikan hal itu, ia dan sang adik memutuskan mencari tahu jenis laba-laba yang menyerangnya lewat internet.

Rupanya laba-laba yang ditemukan Sunil bukanlah laba-laba biasa, melainkan 'false widow spider' yang dikenal beracun. Ciri-ciri utama dari laba-laba ini adalah tubuhnya hitam dengan garis-garis putih atau abu-abu di tengahnya.

Baca juga: Digigit Laba-laba, Hati dan Ginjal Alan Gagal Berfungsi Selama Sebulan 

Pria berumur 33 tahun itu semakin yakin jika dirinya digigit si laba-laba setelah melihat lehernya membengkak. Ia pun mencoba mengeluarkan racun dari laba-laba itu seorang diri, namun lehernya terlanjur berwarna kehitaman. Sunil juga mengeluhkan munculnya sensasi seperti terbakar di lehernya.

Bahkan ketika keesokan harinya ia pergi ke dokter dan diberi antibiotik, kondisi ini sudah tidak bisa tertangani lagi. Leher belakang pria yang tinggal di tinggal di Greenford, London barat itu makin lama makin menghitam, bahkan kemudian kulitnya mulai mengelupas dan ia hanya bisa berteriak kesakitan.

Bekas gigitan laba-laba itu sendiri berubah menjadi koreng sepanjang 6 cm yang baru bisa mereda empat hari kemudian.

"Padahal saya bukanlah orang yang takut laba-laba, tetapi sejak hari itu, saya jadi takut pada mereka. Digigit lebah pun tidak ada apa-apanya dengan ini, saya seperti tersambar petir dan kaki serta tangan saya bergetar tak karuan karenanya," papar Sunil seperti dikutip dari Mirror, Kamis (29/10/2015).

Baca juga: Digigit Laba-laba Langka, Muncul 'Balon' di Lengan Pria Ini 

Dari keterangan dokter, insiden yang dialami Sunil tergolong langka. Akan tetapi mereka menduga iklim Inggris yang sedang hangat mendorong peningkatan laba-laba ini berkembang biak, lalu keluar dari sarang dan berkeliaran di lingkungan padat penduduk. (lll/up)