Minggu, 22 Nov 2015 13:02 WIB

Jalani Kehamilan Lebih Nyaman dengan Yoga

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Nurvita Indarini
Jakarta - Yoga pada saat hamil? Mengapa tidak. Ya, dengan yoga prenatal perempuan bisa menjalani kehamilan lebih nyaman.

Yoga prenatal adalah yoga yang bisa dijalani oleh para perempuan yang sedang hamil.  Bahkan gerakan ini bisa dilakukan pula pada saat-saat kontraksi menjelang kelahiran bayi.

"Manfaat yoga prenatal secara fisik adalah meningkatkan energi,  mengurangi keluhan fisik pada saat melahirkan,  baik back pain maupun pelvic pain," jelas instruktur yoga Tia Pratignyo dalam Namaste Festival di Hotel Sultan,  Jl Gatot Subroto,  Jakarta,  Minggu  (22/11/2015).

Baca juga: Meski Bertubuh Gemuk, Wanita Ini Mahir Lakukan Beragam Gerakan Yoga

Dituturkan Tia,  80 persen ibu hamil yang ditemuinya menyampaikan keluhan low back pain. Ini wajar terjadi karena janin makin besar dan makin mendorong ke belakang.


Nah,  fokus yoga prenatal adalah pada tiga hal,  yakni pernapasan,  gerakan dan relaksasi. Yoga juga bisa menjadi sarana komunikasi dengan bayi,  di mana getaran cinta kasih ibu dan ayah bisa tersalur melalui yoga.

Dengan yoga,  pernapasan dilatih untuk bisa lebih teratir dan napas panjang.  Ini adalah hal penting untuk persiapan melahirkan dengan cara alami.

"Kalau untuk pernapasan harus latihan tiap hari," saran Tia.

Baca juga: Senam Hamil Bisa Bikin Melahirkan Tak Terlalu Nyeri? Ini Kata Dokter (vit/fds)