Selasa, 01 Des 2015 12:31 WIB

Mulai Emas Sampai Rekening, Dubai Berikan Hadiah untuk Warga yang Sehat

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Skema baru yang dijalankan oleh Dinas Kesehatan Dubai (DHA) dan perusahaan swasta setempat membuat warga dapat mengumpulkan poin saat menjaga diet sehat dan rutin berolahraga. Nantinya poin yang telah terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Pendanaan Kesehatan dr Haidar al-Yousuf dilakukan untuk mendorong perilaku hidup sehat di antara para warga yang banyak alami obesitas. Studi terakhir menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen orang dewasa di Uni Emirat Arab masuk kategori obesitas.

Baca juga: Di Daerah Ini, yang Berhasil Turunkan Bobot Dapat Hadiah Batu Bara

"Untuk pertama kalinya di negeri ini, DHA akan menggunakan alat modifikasi perilaku untuk mendorong pola makan sehat dan memotivasi warga untuk berolahraga," ujar dr Haidar seperti dikutip dari BBC pada Selasa (1/12/2015).

Semua warga nantinya akan memiliki akun online yang terhubung dengan aplikasi kebugaran dan teknologi lainnya yang bisa mengukur tingkat partisipasi.

"Kalau seseorang pergi ke gym tiga kali dalam seminggu, data dari gym itu bisa tercatat dalam program dan kita jadi bisa tahu seberapa bugar si pengguna dan berapa banyak poin yang dia dapatkan," papar dr Haidar.

Hadiah yang diberikan bisa bermacam-macam dan beberapa program serupa juga telah dijalankan. Bagi warga yang menurunkan berat badannya bisa mendapat hadiah emas dari pemerintah kota dan awal November ini juga bank besar setempat menghadiahkan rekening baru dengan tingkat bunga yang tinggi bagi warga yang rajin olahraga.

Baca juga: Kurang Tidur Picu Seseorang Lebih Banyak Makan Junk Food (fds/up)