Jumat, 04 Des 2015 14:01 WIB

Yang Perlu Anda Tahu Soal Nyeri Punggung Bawah Saat Olahraga

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Sakit boyok atau nyeri di punggung bagian bawah kerap dikeluhkan beberapa orang saat olahraga. Apa sih sebabnya?

Dijelaskan spesialis orthopaedi dan traumatologi dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dr Andri Primadhi, SpOT, sakit pada punggung bawah setelah olahraga dapat terjadi akibat terjadi strain pada otot
Biasanya dirasakan akibat gerakan berulang seperti saat lari, gerakan memutar saat main golf, atau menahan beban ketika angkat besi.

"Banyak timbul terutama bila kurang peregangan sebelum mulai olahraga," sambung dr Andri.

Baca juga: Awalnya Nyeri Punggung, Lama-lama Bisa Jadi Depresi

Jika Anda mengalami hal ini, pemijatan dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri dan membantu penyembuhan pada nyeri punggung. Namun perlu diperhatikan, pemijatan bisa membantu jika memang penyebabnya berasal dari tegang otot dan strain.

"Hati-hati pemijatan yang terlalu keras atau tanpa dasar diagnosis yang tepat," ucap dr Andri mewanti-wanti.

Jika kerap mengalami nyeri punggung bagian bawah, perlukah di-rontgen untuk memastikan kondisi? "Rontgen tidak terlalu penting, namun bisa memperlihatkan adanya kejang (spasme) otot dan menyingkirkan kemungkinan penyakit lain yang mungkin timbul," ucapnya.

Karena itu jika nyeri punggung bagian bawah sering dirasakan dan sudah sangat mengganggu, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga: Badan Anak Terasa Lebih Hangat Setelah Terkilir, Bahayakah?

(vit/up)
News Feed