Rendam Kaki dengan Air Dingin Juga Bisa Bantu Redakan Migrain?

ADVERTISEMENT

Rendam Kaki dengan Air Dingin Juga Bisa Bantu Redakan Migrain?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Selasa, 08 Des 2015 20:08 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Beberapa orang ada yang merendam kakinya dengan air hangat atau dingin dengan tujuan membuat kaki lebih rileks. Ketika hal itu dilakukan, apakah bisa terjadi efek migrain mereda seperti saat tengkuk dikompres dengan es?

"Umumnya memang kalau kali direndam air hangat untuk melebarkan pembuluh darah di kaki dan diharapkan aliran darah lebih lancar, lalu aliran darah ke jantung meningkat sehingga jantung punya volume yang cukup untuk mengirim darah ke otak melalui," tutur dr Muhammad Rhadian Arief, SpBS dari RS Medistra.

Namun, menurut pria yang akrab disapa dr Andra ini, biasanya merendam kaki dengan air hangat dilakukan oleh mereka yang mengalami masalah dengan aliran darah. Sebut saja pada pasien diabetes, ketika kadar gula darah tinggi, maka pembuluh darah akan tersumbat.

"Sehingga sering kan pasien diabetes kakinya baal atau kesemutan. Nah, untuk melancarkan aliran darah, bisa merendam kaki dengan air hangat yang sifatnya melebarkan pembuluh darah," tambah dr Andra dalam perbincangan dengan detikHealth, Selasa (8/12/2015).

Baca juga: Pesan Dokter Jika Hendak Kompres Tengkuk dengan Es untuk Redakan Migrain

Ketika merendam kaki dengan suhu ekstrem, baik dingin atau panas diharapkan bisa meredakan migrain, dr Andra berpendapat cara tersebut lebih condong sebagai bentuk pengalihan rasa nyeri. Dengan kaki dirangsang suhu ekstrem, seluruh tubuh akan merasa sensasi kedinginan atau agak kepanasan dan memang bisa mengalihkan rasa nyeri yang dialami.

"Sehingga bisa saja nyeri akibat migrainnya teralihkan. Kalau merendam kaki, bisa jadi saja ada hubungannya, tapi tidak langsung. Karena secara letak kaki kan jauh ya dengan otak. Beda dengan kompres es di tengkuk, di mana tengkuk lebih dekat dengan area kepala. Kalau aliran darah dari kaki ke otak kan harus lewat jantung lebih dulu," tutup dr Andra.

Baca juga: Nyaris Seumur Hidup Sakit Kepala, Ternyata Ada Jarum Nyangkut di Otak Liu

(rdn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT