Selasa, 22 Des 2015 12:47 WIB

Mengenal Encephalocele

Apakah Encephalocele Bisa Mengakibatkan Kematian?

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: ts
Jakarta - Encephalocele merupakan kondisi di mana jaringan otak berada di sebuah rongga di luar kepala. Apakah kondisi ini bisa mengakibatkan kematian?

Dijelaskan dr M Radhian Arief, Sp.BS, dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), otak merupakan organ paling vital dan paling sensitif terhadap rangsangan apapun baik tekanan dan lain-lain. Karena itu, bila berada di luar kepala maka otak tidak mendapatkan perlindungan yang semestinya.

"Sehingga rentan mengalami cedera atau berbagai jenis trauma," ujar pria yang akrab disapa dr Andra ini dalam perbincangan dengan detikHealth, Selasa (22/12/2015).

Baca juga: Kondisi Ini Bisa Membuat Otak Berada di Luar Kepala

Menurut dr Andra yang juga bertugas di RS Pelni Jakarta dan RS Medistra ini, kondisi encephalocele yang paling berbahaya adalah bila rongga di luar kepala yang membungkus otak itu ternyata mengalami kecacatan. Akibatnya otak terpapar ke dunia luar.

"Infeksi dengan mudah masuk dan akan mengakibatkan radang otak hebat yang bisa menyebabkan kematian," imbuhnya.

Selain itu, sambung dr Andra, otak yang berada di luar kepala sering kali mengalami kerusakan atau kematian karena otak tidak mendapatkan asupan darah yang adekuat. Nah, biasanya penyakit ini juga disertai dengan kelainan lain seperti hidrosefalus (penumpukan cairan di otak) atau microcephali (kepala kecil).

"Hidrosefalus dapat merusak otak karena efek penekanan cairan yang menumpuk ke otak," tambah dr Andra.

Baca juga: Ollie Trezise, Balita yang Terlahir dengan Hidung Seperti Pinocchio


(vit/fds)