Kamis, 31 Des 2015 07:35 WIB

Keramas Tanpa Pakai Sampo, Sehatkah untuk Rambut dan Kulit Kepala?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Getty Images
Jakarta - Penggunaan sampo tidak bisa lepas dari kegiatan mengeramasi rambut. Meskipun, kini mulai muncul pemikiran jika mengenakan sampo, terutama yang mengandung bahan pembersih justru akan menghilangkan minyak alami sehat pada rambut. Tapi, apakah cara seperti itu benar-benar sehat untuk rambut dan kulit kepala?

"Tergantung dari jenis kulit kepala Anda. Cara ini tidak bisa diaplikasikan pada semua orang. Bahkan, ada beberapa jenis rambut yang bisa mentolerir atau memang membutuhkan bahan pembersih dalam sampo," tutur dr Angela Lamb, direktur Westside Mount Sinai Dermatology di New York City, dikutip dari Medical Xpress, Kamis (31/12/2015).

Lamb berpendapat, tren 'no poo' atau tidak mengenakan sampo sebenarnya merujuk pada bagaiamana menghindari penggunaan sampo dengan bahan pembersih. Jika ingin melakukan itu, Lamb memiliki saran lain dengan membuat sampo buatan sendiri di rumah dengan menggunakan campuran baking soda atau cuka sari apel misalnya.

Diungkapkan Lamb, sejatinya rambut terbuat dari protein. Di setiap akar rambut pun terdapat kelenjar minyak yang berfungsi sebagai 'mantel' rambut dan melindungi rambut agar tidak mudah rapuh. Pemikiran lain di balik gerakan 'no poo' yaitu dengen menjaga minyak alami rambut, maka rambut tidak butuh styling.

Baca juga: Kenapa Ketombe Bikin Kulit Kepala Gatal?

"Jika Anda tidak melakukan styling pada rambut, maka Anda tidak perlu mencuci rambut Anda. Sebaliknya, ketika Anda sering menggunakan produk rambut seperti gel, mousse, atau hair spray, maka Anda harus rutin mengeramasi rambut," kata dr Lisa Donofrio, profesor dermatologi klinis di Yale University School of Medicine.

Namun, ada alasan lain mengapa seseorang harus menggunakan sampo dengan bahan pembersih secara teratur. Dikatakan dr Robert Dorin, ahli bedah transplantasi rambut di New York City, kulit kepala di bawah rambut perlu dibersihkan secara teratur dari minyak, keringat yang mengering, kotoran, dan sel kulit mati.

Dengan mencuci rambut tanpa mengenakan sampo, maka pembersihan kulit kepala bisa tidak maksimal. Justru yang terjadi risiko terkena infeksi jamur dan bakteri makin besar, ditambah risiko kulit kepala yang iritasi, mengelupas, dan muncul jerawat juga makin besar.

"Keramas dengan sampo mengandung bahan pembersih juga bisa membantu mengontrol dan mengobati masalah kulit kepala seperti eksim, psoriaris, dan ketombe. Tapi, tidak ada patokan kapan dan seberapa sering Anda harus keramas. Untuk sampo yang digunakan, sesuaikan dengan kondisi kulit kepala serta aktivtas Anda," kata Dorin memberi saran.

Baca juga: Lembab dan Rambut Kemaluan Tak Dirawat Picu Gatal-gatal di Alat Kelamin

(rdn/up)