Jumat, 08 Jan 2016 14:32 WIB

dr Randall sang Chiropractor Kabur, Ini Curhatan Ibu Pasien

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Carizza sedang diterapi seorang chiropractor (Foto: Micke Haryono)
Jakarta - Sejak Agustus 2015, Carizza Aretha (14) menjalani terapi di Chiropractic First Pondok Indah Mal (PIM) 1. Namun kini, Carizza tak melanjutkan terapi karena chiropractor yang menerapinya, dr Randall Cafferty tersangkut kasus dugaan malpraktik terhadap Allya Siska dan kini dia tidak berada di Indonesia.

"Dari awal Agustus 2015 anakku diterapi Randall. Tapi di awal Desember 2015, terapisnya ganti. Yang bikin saya sangat kecewa, kok dia (Randall-red) yang 'pegang' anakku pergi gitu aja," kata ibunda Carizza, Mieke Haryono, saat berbincang dengan detikHealth, Jumat (8/1/2016).

Mieke mengungkapkan, saat pertama kali menjalani terapi tersebut, dia memang tidak mengecek terlebih dahulu soal perizinan klinik ataupun terapisnya. Kala itu, Mieke hanya berharap putrinya bisa sembuh. "Apalagi saya sebagai konsumen merasa melakukan terapi di tempat yang nggak jelek, istilahnya, di tempat yang lumayan mahal juga masa sih belum ada izinnya," lanjutnya.

Terlebih dia tidak tahu bahwa belum ada dokter asing yang bisa kerja kerja di Indonesia. Mieke pun sama sekali tidak tahu bagaimana membedakan klinik dan dokter yang legal maupun yang tidak. Mieke tidak habis pikir bagaimana seseorang yang punya latar belakang kriminal bisa dipekerjakan di sebuah klinik dan menangani banyak pasien.

Di awal terapi, Mieke juga harus membayar biaya Rp 31,5 juta untuk 90 kali terapi. Meskipun, sampai saat ini, Carizza baru diterapi oleh dr Randall sekitar 40 kali dan oleh penggantinya, dr Marek Magnowski sekitar lima kali. Untuk itu, Mieke menegaskan perlu ada pertanggung jawaban.
 
"Saya minta uang saya dikembalikan karena ini sepertinya penipuan. Lagi pula X-ray pun saya di tempat lain. Memang saat ini kami sudah pegang form bahwa klinik bersedia mengembalikan biaya yang sudah kami bayar, full. Tapi masih akan diurus lagi," kata Mieke.

Baca juga: Cerita Carizza, Salah Satu Pasien Chiropractic yang Pernah Ditangani dr Randall

Selama menjalani terapi di Chiropractic First, Mieke mengaku dia memang tidak memperhatikan lisensi yang dimiliki dr Randall. Ia hanya melihat adanya sertifikat bahwa dr Randall memiliki gelar Doctor of Medicine (MD). Sebelumnya, ia juga melihat banyak foto dr Randall yang dipajang beserta beberapa testimoni pasien yang ditanganinya. Diungkapkan Mieke, dirinya sempat diminta memberi testimoni terkait terapi yang diberikan dr Randall tetapi ia sedang tidak bisa hadir kala itu.
 
Berangkat dari pengalamannya, Mieke mengimbau agar masyarakat bisa lebih selektif lagi dalam memilih tempat pengobatan. Pastikan pula apakah tenaga medisnya merupakan orang asing atau bukan, serta berkompeten atau tidak. Kemudian, cek lagi tempat tersebut beserta tenaga medisnya apakah memiliki izin dari Dinas Kesehatan atau Kementerian Kesehatan.

"Seenggaknya kan harus ada keterangan dari Depkes kan. Kita memang harus lebih detail lagi, kalau ternyata datanya nggak detail, kita harus lebih waspada," pesan Mieke.

Baca juga: Belajar dari Kasus Allya, Jangan Mudah Percaya pada Dokter Asing


(rdn/vit)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya