ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Jan 2016 17:36 WIB

Perhimpunan Ahli Bedah Ortopedi Tegaskan Chiropractic Beda dengan Fisioterapi

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Terapi chiropractic yang dijalani Allya Siska Nadya sebelum meninggal dikatakan dokter bukan bagian dari ilmu kedokteran. Terapi ini beda dengan ortopedi atau fisioterapi yang jelas-jelas merupakan bagian dari disiplin ilmu kedokteran.

dr Didik Librianto, SpOT(K)-Spine, Ketua Ortopedi Spine Indonesia, Perhimpunan Ahli Bedah Ortopedi Indonesia, menolak anggapan yang mengatakan chiropractic merupakan ilmu kedokteran. Chiropractic dikatakannya dikategorikan sebagai pengobatan tradisional.

Baca juga: Ada Kasus Allya, Perhimpunan Ahli Bedah Ortopedi Komentari Terapi Chiropractic

"Kedokteran tidak mengenal chiropractic, jadi di luar medis. Chiropractic merupakan bagian dari pengobatan tradisional alternatif yang berasal dari luar negeri," tutur dr Didik, dalam konferensi pers di Laguna Resto Istora, Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jumat (8/1/2015).

Ia juga menolak anggapan yang mengatakan chiropractic merupakan bagian dari ilmu kedokteran fisioterapi. Berbeda dengan ilmu fisioterapi yang didapat melalui pendidikan kedokteran dan spesialis, ilmu chiropractic diperoleh melalui kursus.

"Sifatnya (chiropractic) hanya kursus. Jelas berbeda dengan fisioterapi, apalagi ortopedi, metode yang diakui dan ada program pendidikan serta diketahui keamanannya," tegasnya.

Perihal ada dokter yang melakukan terapi chiropractic, dr Didik menolak untuk berkomentar. Ia mengatakan tidak memiliki kewenangan untuk berkomentar dan menyarankan untuk langsung bertanya ke dokter terkait.

Meski begitu ia juga mengatakan bahwa memang ada beberapa jenis metode pengobatan di luar medis. Namun ia menyarankan masyarakat yang ingin berobat melalui metode non-medis untuk lebih dahulu mendatangi dokter.

"Jadi kalau ingin mengetahui kelainan yang ada di tubuh kita sebaiknya memeriksakan diri dulu ke dokter yang punya kompetensi. Sehingga kondisi tubuhnya bisa diketahui," pungkasnya.

Baca juga: dr Randall sang Chiropractor Kabur, Ini Curhatan Ibu Pasien


(mrs/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT