Selasa, 19 Jan 2016 11:00 WIB

Fairy Tale Syndrome

Kenali, Ciri-ciri Orang dengan Peter Pan Syndrome dan Cinderella Complex

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Peter pan syndrome dan cinderella complex merupakan sindrom yang dapat membuat seseorang tidak mandiri meskipun mereka sudah memasuki usia dewasa. Lantas, bagaimana ciri-ciri ketika pria atau wanita mengidap sindrom ini?

Psikolog klinis Pustika Rucita, B.A.,MPsi, Psikolog mengatakan, pada pria dengan peter pan syndrome, ciri-ciri yang dapat terlihat dalam kehidupan sehari-hari yakni si pria sulit mengambil keputusan kemudian amat tergantung pada orang lain bahkan dalam hal kecil sekalipun.

"Lalu dia takut berkomitmen, tidak bertanggung jawab, dan memiliki ambisi yang rendah," tutur wanita yang akrab disapa Cita ini saat berbincang dengan detikHealth.

Sementara, wanita dengan cinderella complex memiliki rasa percaya diri yang rendah, manja, selalu merasa tidak berdaya, dan sama halnya pada pria dengan peter pan syndrome, wanita dengan cinderella complex pun sangat bergantung pada orang lain, bahkan dalam hal kecil sekalipun.

"Biasanya, ciri-ciri tersebut mudah terlihat dalam kehidupan sehari-hari," tambah Cita.

Dalam bukunya 'The Cinderella Complex: Women's Hidden Fear of Independence', Colette Dowling menyebutkan wanita dengan cinderella complex memiliki ciri-ciri di antaranya takut untuk hidup mandiri bak seorang bayi. Dikatakan Dowling, pada masa bayi, seseorang amat bergantung pada orang tuanya, termasuk juga orang lain. Pada wanita yang sudah menikah, ketergantungan berlebih terutama pada sang suami atau orang lain, seringkali mereka sembunyikan.

Baca juga: Peter Pan Syndrome dan Cinderella Complex yang Bikin Orang Tak Mandiri

"Bagi ibu rumah tangga dengan sindrom ini, bahkan ketika mereka memiliki gaji sendiri dengan jumlah fantastis, mereka harus meminta izin suaminya terlebih dulu untuk membeli sebuah gaun. Kemudian, ketika sang suami belum pulang di malam hari, mereka tidak akan bisa tidur," tutur Dowling.

Sementara, Humbelina Robles Ortega, profesor di Department of Personality, Evaluation and Psychological Treatment, University of Granada menyatakan pria dengan peter pan syndrome biasanya takut merasa kesepian. Untuk itulah mereka selalu berusaha berada di antara orang-orang yang dianggap bisa memenuhi kebutuhannya.

"Mereka akan merasa cemas ketika dievaluasi oleh rekan kerja atau atasannya mengingat mereka memang tidak toleran terhadap kritik. Kadang, mereka bisa memiliki masalah besar ketika harus beradaptasi dengan tempat yang baru atau bahkan dengan orang lain dalam sebuah hubungan," kata Ortega.

Karakteristik lain dari orang yang mengalami peter pan syndrome yaitu mereka sering berganti-ganti pasangan. Dikatakan Ortega, ketika si pria diminta membuat komitmen dan bertanggung jawab, mereka akan takut dan akhirnya mengakhiri hubungan dengan pasangannya.

Pria dengan peter pan syndrome juga cenderung mencari wanita yang lebih muda karena menganggap menjalin hubungan dengan mereka yang lebih muda cenderung tidak terlalu membuat khawatir. "Pria dengan sindrom ini juga kurang merencanakan masa depannya sehingga mereka tidak terlalu bertanggung jawab," pungkas Ortega.

Baca juga: 6 Alasan Kesehatan Kenapa Orang Perlu Menikah

(rdn/vit)
News Feed