Sabtu, 23 Jan 2016 12:34 WIB

Stres Bikin Rambut Rontok dan Cepat Beruban, Mitos atau Fakta?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Warna rambut yang berubah menjadi putih alias beruban dinilai wajar ketika terjadi pada orang-orang berusia lanjut. Ketika hal itu justru terjadi pada mereka yang usianya masih tergolong muda, apakah rambut cepat beruban disebabkan karena stres berlebih?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres bukanlah penyebab langsung rambut beruban. Sebab, tidak bisa dikesampingkan pula jika kerusakan pada DNA di dalam sel yang menghasilkan pigmen warna pada rambut berperan pula pada tumbuhnya uban yang lebih cepat.

Hal tersebut diungkapkan Amy McMichael, MD, profesor dermatologi di Wake Forest Baptist Health, Winston-Salem, North California. McMichael menegaskan bisa saja stres dalam jangka waktu tertentu kemungkinan menyebabkan percepatan munculnya uban pada beberapa orang.

"Tapi itu hanya spekulasi dan saya belum menemukan adanya penelitian ilmiah yang menunjukkan hal ini," tegas McMichael seperti dikutip dari Web MD, Sabtu (23/1/2016).

Selain uban, stres juga diyakini bisa menyebabkan rambut lebih mudah rontok. Menanggapi hal ini, Paradi Mirmirani, MD, dokter kulit di Permanente Medical Group, Vallejo, California mengatakan semua itu tergantung dari jenis stres yang dialami.

Baca juga: Rambut Sehat dengan Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Keramas

Stres karena pulang larut atau beban kerja yang berat menurut Mirmirani tidak akan menyebabkan seseorang mengalami kerontokan rambut. Dalam jangka pendek, stres tidak akan memengaruhi tubuh Anda sedemikian rupa hingga bermanifsetasi dalam bentuk rambut rontok.

"Justru hal yang lebih besar dari itu dapat terjadi. Stres bisa membuat Anda kurang tidur, mengalami perubahan nafsu makan, dan meningkatnya hormon stres. Selama praktik sebagai dokter kulit, mitos hubungan antara stres dengan rambut banyak saya dengar meskipun itu terdengar amat konyol," tambah McMichael.

Ia mengatakan, sampai saat ini pun tidak ada bukti yang mendukung gagasan bahwa hanya karena Anda mengalami hari-hari yang menegangkan selama beberapa minggu lantas setelahnya akan banyak rambut yang rontok.

Baca juga: Cegah Uban di Usia Muda (rdn/vit)