Senin, 01 Feb 2016 13:02 WIB

Terjatuh dalam Posisi Duduk Bisa Sebabkan Kebutaan? Ini Kata Dokter

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Terjatuh dalam posisi duduk dapat membuat seseorang menjadi buta. Demikian kabar yang ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Menurut dokter, yang sesungguhnya terjadi tidak selalu demikian.

Seperti disampaikan oleh dr Pukovisa Prawirohardjo, SpS, dari divisi neurotrauma RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, bahwa jatuh dalam posisi duduk tidak selalu menimbulkan kebutaan.

"Jatuh dalam posisi duduk semata-mata tidak menyebabkan kebutaan. Namun orang jatuh umumnya benturan tidak hanya di satu tempat saja. Kebutaan baru terjadi jika ada kerusakan di mata, saraf mata, atau otak bagian pusat penglihatan. Sehingga hanya terjadi pada benturan di mata, saraf mata, maupun kepala dengan arah gaya jatuh depan-belakang," tutur dr Pukovisa kepada detikHealth, seperti ditulis pada Senin (1/2/2016).

Baca juga: Setelah Baca Penjelasan Dokter Ini, Yakin Masih Mau Gemeretakkan Leher?

Jatuh disebut-sebut paling berisiko menimbulkan kebutaan jika kejadiannya adalah ketika seseorang hendak duduk namun kursinya ditarik, sehingga orang tersebut kemudian lantas terjatuh dalam posisi bokong terbentur lantai. Apa kata dokter?

"Jika kejadiannya karena ditarik kursi ke belakang, kemungkinan kebutaan terjadi bukan karena jatuh terduduknya, tetapi akibat ayunan benturan kepala ke belakang dan terantuk kursi dengan keras," imbuh dr Pukovisa.

Pendapat ini diamini oleh dr Yuda Turana, SpS dari Fakultas Kedokteran UNIKA Atma Jaya. Menurutnya, pusat penglihatan berada di mata, saraf mata dan berakhir di persepsi penglihatan pada otak besar bagian belakang (lobus oksipital). Oleh sebab itu, jatuh dalam posisi duduk tidak menyebabkan kebutaan, kecuali kepala ikut terbentur berat.

Meskipun demikian, bukan berarti jatuh dalam posisi duduk tak berisiko. Ahli bedah saraf dari Mayapada Hospital, dr Roslan Yusni Al Imam Hasan, SpBS menegaskan bahwa kondisi ini tetap berbahaya. Selain bisa menyebabkan fraktur (patah) tulang belakang yang berujung pada kelumpuhan, jatuh terduduk bila yang terbentur adalah tulang ekornya maka tapi dapat menyebabkan cedera di seluruh ruas tulang belakang dan menimbulkan cedera otak.

Baca juga: Hati-hati, Jatuh Terduduk Juga Bisa Bahayakan Saraf


(ajg/vit)