Sabtu, 06 Feb 2016 09:11 WIB

Diprediksi Bertahan Hidup 2 Tahun Lagi, Chloe Dapat Semangat dari Beckham

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Cavendish Press
London - Chloe Hopkins diprediksi hanya bisa bertahan hidup dua tahun lagi akibat cystic fibrosis (CF) yang diidapnya. David Beckham yang merupakan pesepakbola legendaris Manchester United pun berkenan memberinya semangat.

Perempuan berusia 19 tahun ini memang punya keinginan untuk bertemu dengan tim sepakbola asal Inggris, Manchester United. Mengetahui permintaan perempuan tersebut, Beckham pun merekam video berisi pesan untuk Chloe agar bersemangat.

"Hai Chloe, David Beckham di sini. Saya dengar dari teman saya, Chris, bahwa keadaanmu sedang tidak terlalu baik, jadi saya ingin mengirimkan salam dan cinta," ucap Beckham dalam video berdurasi singkat tersebut, seperti dikutip dari Mirror, Sabtu (6/2/2016).

"Saya harap kamu segera keluar dari rumah sakit dan merasa lebih baik," imbuh Beckham.

Chloe sendiri didiagnosis cystic fibrosis pada saat berumur 10 hari. Kala itu perutnya membengkak sehingga dokter harus melakukan operasi. Diketahui pula fungsi paru-parunya hanya 24 persen.

Baca juga: Setahun Dikira Cystic Fibrosis, Wanita Ini Ternyata Kena Penyakit Misterius

Menurut Chloe, seperti dituturkannya di situs Go Fund Me, cystic fibrosis tidak hanya berdampak pada pernapasan, tapi juga berat badan, tulang dan kondisi lainnya. Karena itu pula Chloe sering keluar masuk rumah sakit. Bahkan RS sudah seperti rumah kedua baginya.

Karena penyakit itu, Chloe tidak bisa melakukan aneka kegiatan seperti yang dilakukan gadis seusianya. Hari-harinya dipenuhi kegiatan rutin terkait obat-obatan, fisioterapi, diberi makan, juga suntikan. "Itu nggak berhenti dan berlangsung di sebagian besar waktu saya," tutur Chloe yang merasa terperangkap di tubuh seseorang berusia 80 tahun.

Chloe Hopkins saat terbaring di rumah sakit (Foto: Cavendish Press)

Bersyukurlah Anda jika bisa bernapas dengan baik dan tidak kesulitan. Sebab Chloe harus berjuang untuk bisa bernapas. Tak cuma itu, jika untuk banyak orang menaiki tangga adalah pekerjaan mudah, maka bagi Chloe itu luar biasa berat.

Kadang Chloe merasa frustrasi berat. Namun kalau ingat dirinya berada dalam daftar orang yang membutuhkan transplantasi paru-paru, harapan menyeruak. Harapan untuk bisa hidup senormal orang-orang lainnya, sehingga dia bisa melakukan aneka kegiatan. Dia sudah berada dalam daftar yang memerlukan transplantasi paru-paru sejak Juli 2015.

Baca juga: Idap Cystic Fibrosis, Nichola Tak Bisa Gemuk Meski Asup 8.000 Kalori Sehari

"Saya tahu transplantasi paru-paru ganda punya risiko besar, tapi cuma itu yang bisa saya lakukan untuk masa depan saya," ujar Chloe.

Tanpa transplantasi paru-paru, Chloe diprediksi hanya sanggup bertahan hidup selama dua tahun. Jika memang tidak berumur panjang, Chloe ingin mendapatkan kenangan indah semasa hidup. Salah satunya adalah dengan bertemu para pemain sepakbola dari klub kesayangannya, Manchester United.

Cystic fibrosis merupakan suatu kelainan genetik yang menyebabkan organ internal, terutama paru-paru dan sistem pencernaan tersumbat lendir lengket dan tebal. Akibatnya, bisa timbul infeksi kronis dan radang.

Dalam keseharian, pasien cystic fibrosis memang tampak sehat meskipun mereka harus mengonsumsi kalori cukup banyak, minum obat dengan rutin, dan menjalani fisioterapi.
(vit/lll)