Sabtu, 06 Feb 2016 16:00 WIB

Penyembuhan Katarak Harus Dioperasi, Tak Bisa Pakai Obat atau Kacamata

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Katarak, penyebab gangguan penglihatan terbesar di dunia, tak bisa disembuhkan dengan menggunakan obat atau kacamata. Pakar mengatakan satu-satunya cara untuk menyembuhkan katarak adalah dengan dioperasi.

dr Setiyo Budi Riyanto, SpM(K), pakar katarak dan bedah refraksi dari Jakarta Eye Center, mengatakan katarak adalah gangguan penglihatan yang disebabkan oleh keruhnya lensa mata. Kekeruhan ini tak bisa dihilangkan dengan obat atau ditangani dengan menggunakan kacamata.

"Katarak tidak bisa pakai obat. Langsung operasi. Operasi dilakukan untuk menghilangkan kekeruhannya itu. Setelah operasi kita juga akan tanam lensa mata supaya tidak perlu pakai kacamata tebal lagi," tutur dr Budi kepada wartawan di JEC Kedoya, Jl Terusan Arjuna Utara, Jakarta Barat, Sabtu (6/2/2015).

Baca juga: Bermata Minus, Plus, Atau Silindris Tak Bisa Jadi Donor Mata? Itu Mitos

Dijelaskan dr Budi, ada tiga metode operasi katarak. Pertama adalah bedah manual, kedua adalah bedah menggunakan gelombang suara (ultrasound) dan ketiga adalah bedah dengan menggunakan laser. Masing-masing metode memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Bedah manual terdiri dari dua tipe, yakni extracapsular cataract extraction (ECCE) dan intracapsular cataract extraction (ICCE). Prosedur ini membedah satu pertiga kornea mata dan menggunakan jahitan untuk menutup luka bedah.

"Biasanya ini dilakukan di daerah-daerah yang belum memiliki mesin. Jadi dokternya bedah manual pakai pisau, sehingga ada bekas jahitan dan ada risiko infeksi atau silinder. Waktu pengerjaan kurang lebih 30 menit," ungkap dokter yang juga Direktur JEC Menteng ini.

Metode kedua adalah Phacoemulsification. Metode ini menggunakan gelombang ultrasonik untuk menghancurkan keruh yang ada di mata. Luka yang dihasilkan pun kecil hanya 2,2 mm dan menggunakan mesin serta bius tetes.

"Pengerjaannya kurang lebih 15 - 20 menit. Metode ini sekarang yang menjadi standar operasi katarak di dunia dan sudah menggunakan mesin," ungkapnya lagi.

Terakhir adalah femtosecond laser assisted cataract surgery (FLACS). Metode ini menggunakan laser untuk menghancurkan keruh di lensa mata dan tidak menggunakan pisau. Waktu pengerjaannya pun tak sampai satu menit. Sayangnya, penggunaan metode ini tergolong mahal.

Baca juga: Bisa Ganggu Produktivitas, Jangan Sepelekan Katarak (mrs/vit)