ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Feb 2016 17:30 WIB

Pernah Kena Kanker Payudara, Rima Melati Punya Pesan Khusus untuk Para Pria

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Radian Nyi Sukmasari
Jakarta - Di tahun 1990-an Rima Melati (76) divonis kanker payudara. Gejala kanker payudara dirasakan Rima ketika ia tengah mandi lantas menggunakan sabun dan meraba seluruh bagian tubuhnya.

Tak disangka, Rima menemukan benjolan kecil di payudaranya. Namun, saat itu Rima tidak menganggap penting benjolan tersebut dan didiamkan saja. Bahkan, Rima menganggap benjolan tersebut hanya sebagai 'mainan'.

"Tapi lama-lama sakit itu benjolannya, kan tambah besar. Akhirnya saya diajak suami saya untuk cek ke dokter dan dibilang dokter kena kanker payudara stadium 3B," kata Rima di sela-sela Peluncuran buku 'Anakku, Malaikatku' di Kinokuniya, Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Hingga akhirnya Rima diajak oleh sang suami, Frans Tumbuan untuk berobat ke Rotterdam, Belanda. Setelah Rima dinyatakan sembuh, dia tetap menjaga pola hidupnya. Berangkat dari apa yang dialaminya, Rima punya pesan tersendiri untuk para pria.

Menurut Rima, penting bagi pria untuk juga melakukan sadari alias periksa payudara sendiri. Sebab, walaupun jumlahnya tidak sebanyak pada wanita, kanker payudara bisa juga terjadi pada laki-laki.

Baca juga: Jauhkan Kesan Seram, Wanita Ini Pakai Kostum Wonder Woman Saat Kemoterapi

"Tiap mandi kan kita pakai sabun. Coba deh diraba itu semua bagian tubuh kita, baik pria ataupun wanita coba dirasakan, di ketiak, diraba. Ya, para pria, kalau ada yang aneh langsung ke dokter. Pak, jangan malas periksa payudata sendiri karena biar rata, tapi tetap aja itu payudara lho," lanjut Rima.

Rima menegaskan, begitu ada sesuatu yang mencurigakan, segera ke dokter karena menurutnya, dokter apalagi dokter spesialis onkologi, adalah orang pertama yang paling pintar. Kemudian, Rima berpesan jangan lupa untuk selalu 'merengek' pada Tuhan.

"Kita memang harus merengek ke Tuhan kalau mau sesuatu. Merengek yang bisa membuat kita jadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Karena saya yakin Tuhan adalah dokter di atas dokter," tambah Rima yang kini harus selalu memakai wig karena rambutnya tak bisa tumbuh lagi pasca menjalani kemoterapi.

Dalam kesempatan tersebut, Rima juga mengingatkan agar masyarakat, termasuk juga survivor kanker untuk menjaga pola hidup yang sehat. Sehari-hari, Rima bercerita dirinya kini tidak pernah makan daging dan justru memperbanyak konsumsi sayur dengan ikan atau ayam sebagai lauk. Selain jus buah, teh, dan lemon tea, Rima juga memperbanyak konsumsi air putih.

Baca juga: Banyak Makan Buah dan Sayur Saat Remaja, Risiko Kanker Payudara Bisa Drop


(rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT