Kamis, 11 Feb 2016 09:04 WIB

Jadi Survivor Kanker, Ini Pesan Rima Melati untuk Pasien Kanker Payudara

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Radian Nyi Sukmasari Foto: Radian Nyi Sukmasari
Jakarta - Rima Melati (76) didiagnosis kanker payudara stadium 3B di tahun 2000-an. Memang tak mudah menerima kenyataan itu. Tapi, Rima berusaha menyemangati dirinya agar bisa sembuh.

"Motto saya pokoknya saya ingin sembuh. Kita sudah berusaha, dan saya yakin Tuhan pasti ikut campur. Karena saya pengen sembuh ya semua saya jabanin lah istilahnya. Disinar, dikemo, itu kan sakit banget," kata Rima usai peluncuran buku 'Anakku, Malaikatku' di Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Baca juga: Cerita Ayah yang Sempat Ingin Akhiri Hidup Saat Anak Meninggal karena Kanker

Rima berpendapat, ketika seseorang terkena kanker payudara, maka harus ada motivasi untuk sembuh. Salah satunya, dengan melihat anak, pasangan, atau anggota keluarga maka seseorang bisa termotivasi. Hal itulah yang dialami Rima. Sebab, ketika ia menjalani terapi kanker, Rima berpikir kasihan anak dan suaminya jika dia tidak sembuh.

"Kesehatan kita tergantung gimana kita memeliharanya. Ini kehidupan kita dan kita sendiri yang berkuasa atas diri kita sendiri," kata istri Frans Tumbuan ini.

Saat ini pun, Rima tak malu-malu mengakui bahwa rambutnya tak bisa tumbuh karena efek kemoterapi. Tapi, Rima tak mempermasalahkan hal itu karena menurutnya, lebih baik memiliki kepala yang gundul daripada tidak sembuh dari kanker.

Baca juga: Pernah Kena Kanker Payudara, Rima Melati Punya Pesan Khusus untuk Para Pria (rdn/vit)
News Feed