Kamis, 18 Feb 2016 19:16 WIB

Begini Lho Caranya Jadi Orang Tua yang Asyik untuk Remaja

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Menghadapi anak yang sedang beranjak remaja terkadang membuat ayah atau ibu ingin menjadi orang tua yang asyik untuk buah hatinya. Lantas, bagaimana caranya supaya ayah dan ibu bisa melakukan hal itu?

"Kadang seasyik-asyiknya orang tua, pasti ada gap antara si aak dan orang tuanya. Ini wajar karena memang orang tua kan nggak bisa sejajar terus posisinya sama anak, harus ada kontrol," tutur psikolog anak dan remaja dari RSAB Harapan Kita, Ade Dian Komala MPsi, saat berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

Menurut Ade, sejauh cukup banyak posisi orang tua sejajar dengan anak di mana anak bisa mencurahkan isi hatinya pada orang tua, hal itu sudah bisa membuat ayah atau ibu menjadi orang tua yang asyik untuk putra-putrinya. Sebab, si kemudian anak tahu kapan saatnya dia harus mematuhi aturan orang tuanya dan kapan saatnya dia bisa curhat pada orang tuanya.

Baca juga: Ini Saran Psikolog untuk Orang Tua yang Punya Anak dengan Autisme

Namun yang pasti, lanjut Ade, supaya jadi orang tua yang asyik untuk anak pastinya tidak dengan menuruti semua keinginan anak. Tapi setidaknya, orang tua terbuka dengan apapun kondisi anak dan apapun cerita yang disampaikan anak.

"Contohnya kalau anak cerita dia tadi abis nonton film biru, awalnya mamanya marah pasti, ngomong kok bisa sih, tapi kemudian kita open, kita tanya emang gimana ceritanya sampai dia bisa nonton itu. Katakan kalau Anda kecewa boleh, jadi komunikasiin perasaan kita. Lalu kemudian ajukan solusi bahwa dia tidak seharusnya mengulang itu lagi," terang Ade.

Nah, untuk menjadi orang tua yang asyik, haruskan ayah atau ibu pun harus ikut 'gaul' dan mengikuti apa yang disukai anak? "Nggak perlu. Kalau gitu kan kita ngikutin anak terus. Jadi kita cukup tahu kesenangan anak apa kemudian kita tahu serta mengenal anak kita," pungkas Ade.

Baca juga: Perhatikan, Ini Tandanya Remaja Sedang Mengalami Depresi

(rdn/vit)
News Feed