Jumat, 19 Feb 2016 16:32 WIB

Jika Dilakukan Seperti Ini, Renang Malah Bisa Menambah Berat Badan

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Berenang disarankan oleh ahli sebagai olahraga yang bagus untuk menurunkan berat karena memaksa seluruh tubuh untuk bergerak di dalam air. Hasilnya jumlah kalori yang dibakar dalam jangka waktu tertentu bisa lebih besar dibandingkan dengan aktivitas lain.

Lebih jauh peneliti dan pengajar renang Profesor Kay Cox dari University of Western Australia juga mengatakan berenang lebih ramah pada sendi karena bobot tubuh 'ditahan' oleh air. Berbeda ketika seseorang berlari di mana sendi-sendi kakinya harus menahan bobot tubuh setiap langkah.

"Saya pikir berenang sangat baik dilakukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat. Renang tak membebani persendian seperti saat orang berjalan atau berlari sehingga Anda lebih minim risiko cedera dan bisa lebih bertahan lebih lama dengan rutinitas," kata Profesor Cox seperti dikutip dari ABC Australia pada Jumat (19/2/2016).

Baca juga: Ayo Berenang! Ini 7 Manfaat Sehat Olahraga Renang

Namun demikian Profesor Cox mengingatkan bahwa ada hal buruk juga dari berenang yang harus diperhatikan. Suhu air yang dingin sekitar 26-27 derajat celcius membuat para perenang bisa merasakan lapar yang lebih besar usai beraktivitas.

Menurut Profesor Cox olahraga darat yang biasa dilakukan seperti berjalan atau lari dapat meningkatkan suhu tubuh dan hal ini umumnya bisa menahan nafsu makan. Namun pada berenang suhu tubuh menjadi lebih dingin dari biasa dan secara otomatis tubuh akan mencari sumber energi tambahan untuk menormalkan suhu kembali.

"Bila Anda berenang, terutama di air yang dingin, hal pertama yang Anda ingin lakukan begitu keluar dari air adalah menghangatkan badan dengan makan atau minum sesuatu yang hangat," kata Profesor Cox.

Hal ini yang kemudian menjadi alasan mengapa berenang malah bisa membuat berat badan seseorang bertambah. Karena terdorong rasa lapar, konsumsi makanan dan minuman bisa dengan mudah melebihi jumlah kalori yang dibakar saat berenang.

Profesor Cox mengatakan untuk mengatasi rasa lapar tersebut ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menghangatkan badan. Sebagai contoh misalnya sehabis keluar dari air, seseorang bisa saja melakukan sedikit olahraga pemanasan ekstra.

Baca juga: Olahraga Terbaik untuk Paru-paru adalah Renang

(fds/vit)