Minggu, 13 Mar 2016 11:05 WIB

Punya Glaukoma, Apa Mata Tetap Bisa Dilasik?

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Glaukoma adalah penyakit penglihatan karena adanya tekanan tinggi pada cairan mata yang merusak saraf. Dengan keadaan yang seperti itu, kira-kira apakah seseorang bisa dilasik?

Menanggapi hal tersebut spesialis mata dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) mengatakan ada dua kubu di kalangan ahli. Ada yang menyarankan pasien sebaiknya menghindari lasik tapi ada juga yang tak mempermasalahkannya.

"Lasik itu kan mengikis bagian depan mata yang disebut kornea, dilaser dikikis sehingga dia bisa jadi 'kacamata' kita nantinya. Permasalahannya adalah kita mengukur tekanan bola mata dengan mengandalkan ketebalan kornea yang normal. Jadi kalau korena sudah dikikis takutnya pengukuran tekanan jadi tak akurat," kata dr Zeiras pada seminar Glaukoma di JEC, Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu (12/2/2016).

Baca juga: Jarang Terjadi, Kadang Tekanan Mata Normal Tetap Bisa Buat Glaukoma 

"Tentu ada perkiraan kasarnyalah kalau ketebalan kornea sekian kira-kira tekanannya sebenarnya bisa lebih tinggi sekian. Ada hitungannya. Tapi ya karena bisa lebih tak akurat dokter glaukoma jadi enggan menyarankan lasik," lanjut dr Zeiras.

Bila seseorang memang ingin lasik namun punya kondisi glaukoma, dr Zeiras menyarankan agar ia berkonsultasi dengan dokternya. Pertimbangkan apakah kondisi rabunnya yang ingin dihilangkan dengan prosedur lasik lebih mengganggu daripada glaukoma yang diidap.

"Dipertimbangkan minusnya itu setinggi apa sih sampai butuh lasik? Kan orang yang punya glaukoma itu biasanya di atas 40 tahun sudah mulai ada katarak apa enggak ditunggu aja sampai kataraknya tebal terus sekalian dioperasi. Kan sama saja tuh dan malah operasi katarak bisa membantu menurunkan tekanan bola mata," tutup dr Zeiras.

Baca juga: Infografis: Fakta-fakta Tentang Glaukoma yang Wajib Anda Ketahui 

(fds/vit)