Senin, 28 Mar 2016 13:02 WIB

Agar Kebutuhan Serat Sehari-hari Terpenuhi, Yuk Terapkan 5 Trik Berikut!

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Serat merupakan salah satu asupan yang penting bagi tubuh, terutama sistem pencernaan. Namun sayangnya, asupan ini justru sering terlupakan. Nah, bagaimana triknya agar konsumsi serat tetap terpenuhi?

Seperti disampaikan oleh Gina Sam dari Mount Sinai Gastrointestinal Motility Center, New York, bahwa asupan serat yang cukup membantu kerja sistem pencernaan dan menjaga pergerakan usus tetap terkontrol.

"Selain itu, diet tinggi serat dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. Sebab cukupi kebutuhan serat pada dasarnya menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah," tutur Sam, seperti dikutip dari Medical Daily, Senin (28/3/2016). Nah, untuk memenuhi kebutuhan serat sehari-hari, berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan:

Baca juga: 5 Cara Mudah Tingkatkan Bakteri Sehat di Dalam Sistem Pencernaan

1. Tambahkan biji-bijian dalam makanan
"Biji-bijian seperti chia sheeds atau biji rami (flaxseeds) dalam makanan sehari-hari adalah cara mudah yang bisa dilakukan untuk menambah asupan serat," tutur Dr Nitin Kumar dari Bariatric Endoscopy Institute.

2. Perbanyak menu sayuran
Saat makan, biasanya Anda lebih fokus pada nasi dan lauk bukan? Nah, mulai saat ini cobalah untuk memperkaya menu sayuran ya. Menurut pakar diet Tiffany Newenhouse, sayuran juga baik dijadikan menu sarapan. Misalnya dikombinasikan dengan protein seperti omelet sayur.

3. Pilih pasta gandum
Jika Anda menyukai pasta, pilihlah pasta yang terbuat dari biji-bijian seperti gandum, barley, atau quinoa untuk memperbanyak serat. Selain banyak serat, pasta jenis tersebut juga memiliki lebih banyak vitamin B dan membuat Anda kenyang lebih lama. Efek positif lainnya, berat badan jadi terjaga.

4. Jangan lupakan buah
Buah memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan serat sehari-hari. Buah-buahan seperti pir, blackberry, dan raspberry diketahui kaya akan serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Dalam sehari, dianjurkan untuk mengonsumsi minimal dua porsi potongan buah segar.

Baca juga: Studi: Meski Manis, Makan Buah Tidak Akan Bikin Gula Darah Melonjak Naik

(ajg/up)