Jumat, 08 Apr 2016 09:35 WIB

Studi: Bakteri di Alat Nge-gym Lebih Banyak Ketimbang di Kursi Toilet

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Peralatan di gym tentu tidak bebas dari paparan bakteri. Sebuah laporan terbaru dari FitRated bahkan menyebut jika dumbbell serta alat nge-gym lainnya lebih kotor dari kursi toilet.

Untuk studi ini, peneliti mengambil sampel bakteri peralatan olahraga di tiga tempat fitness. Hasilnya ditemukan bahwa rata-rata treadmill, sepeda olahraga, dan dumbbell masing-masing mengandung lebih dari satu juta bakteri per inci persegi.

Sementara, toilet duduk yang lekat dengan kesan kotor dan jorok memiliki sel bakteri sebanyak 3.200 per inci persegi, demikian disampaikan peneliti dalam laporannya. Itu berarti, dumbbell rata-rata mengandung 362 kali lebih banyak kuman ketimbang kursi toilet.

Baca juga: Rajin Fitnes di Gym Tapi Diet Tak Dikontrol, Efeknya Nol

"Bahkan keadaannya lebih buruk pada treadmill dan sepeda olahraga yang mengandung bakteri 417 kali lebih banyak daripada kursi toilet. Tapi, patut diingat tidak semua jenis bakteri bisa membuat Anda sakit," tulis peneliti dalam laporannya, seperti dikutip dari Men's Health.

Hanya saja, disebutkan lebih dari 70 persen bakteri yang ditemukan pada alat olahraga berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Misalnya saja peningkatan risiko pneumonia serta infeksi kulit, telinga, atau saluran pernapasan.

Untuk meminimalisir paparan bakteri pada alat olahraga, pakar mikrobiologi dari Rutgers University, Donald Schaffner, PhD menyarankan lap semua peralatan dengan disinfektan sebelum dan sesudah Anda menggunakannya.

"Kemudian hindari menyentuh wajah selama latihan dan selesai latihan, cuci tangan dengan air hangat dan sabun," kata Schaffner.

Baca juga: Setop Konsumsi Karbohidrat dan Rutin Olahraga, Bobot Mario Turun 30 Kg

(rdn/vit)