Rabu, 13 Apr 2016 09:10 WIB

Catat, Kondisi Rambut Bisa Cerminkan Kesehatan Tubuh

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Rambut adalah mahkota pria dan wanita. Jika kondisi rambut jelek, rasa percaya diri pun bisa menurun.

Namun fungsi rambut bukan hanya sebagai pemanis wajah. Dirangkum dari berbagai sumber, kondisi rambut juga bisa mencerminkan kesehatan tubuh lho.

1. Rambut kusam dan rapuh

Rambut rapuh dan terlihat kusam menandakan Anda kurang asupan nutrisi dan zat-zat bergizi. Bisa jadi, Anda juga sedang mengalami konstipasi atau sulit buang air besar.

Kurang konsumsi sayur dan lebih banyak mengonsumsi junk food membuat rambut kekurang nutrisi. Akibatnya, rambut terlihat tipis, kusam dan rapuh.

2. Rambut rontok

Dokter mengatakan rambut rontok bisa menggambarkan dua hal. Pertama adalah umur yang semakin menua dan membuat produksi rambut tidak sebanyak biasanya.

Kedua, bisa jadi Anda mengalami gejala telogen effluvium yakni penipisan rambut akibat stres psikologis dan fisik seperti sakit, hamil, atau depresi. Kondisi ini umumnya muncul 3-6 bulan setelah periode stres tersebut.

3. Rambut patah

Rambut mudah patah dan dicabut menandakan adanya mutasi keratin di tubuh. Hal ini bisa membuat gigi Anda lebih rentan berlubang dan goyang.

Sebab, keratin juga berperan penting untuk pembentukan enamel. Sehingga, kekurangan keratin juga membuat gigi menjadi tempat yang disenangi bakteri untuk tinggal. Umumnya, kondisi rambut mudah dicabut terkait faktor genetik. Untuk itu, disarankan bagi orang-orang yang mengalami hal ini untuk lebih rajin lagi menjaga kebersihan gigi dan mulutnya.

4. Rambut tipis

Rambut yang menipis di bagian tengah kepala menandakan kadar testosteron yang terlalu tinggi. Dokter obgyn di Spectrum Health Medical Group, Grand Rapids, Michigan, Diana Bitner, MD mengatakan kelebihan kadar testosteron bisa membuat rambut rontok di bagian puncak kepala.

Lalu, tumbuh rambut halus di bibir atas serta terdapat rambut yang menebal di lengan dan pinggang. (mrs/vit)