Rabu, 11 Mei 2016 13:04 WIB

Dokter: Wanita dengan PCOS Biasanya Punya Gula Darah Tinggi, Coba Dicek!

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Bukan cuma wanita yang pernah melahirkan bayi dengan bobot 4 kg atau lebih saja yang rentan mengalami diabetes. Dokter menyebutkan bahwa risiko tersebut juga dimiliki oleh wanita dengan PCOS atau polycystic ovary syndrome.

Menurut dr Wismandari Wisnu, SpPD-KEMD, FINASIM, atau dr Wisma, dari RS Pondok Indah Jakarta, pasien yang memiliki PCOS biasanya memiliki resistensi insulin, sehingga berujung pada gangguan metabolisme glukosa.

"Jadi orang dengan PCOS itu gulanya juga tinggi biasanya. Kalaupun tidak tinggi, kita berikan obat yang juga untuk diabetes. Karena itu obat untuk memperbaiki resistensi insulin, sehingga ujung-ujungnya PCOS-nya membaik dan menjadi lebih besar juga peluangnya untuk bisa memiliki anak," tutur dr Wisma dalam diskusi media di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Baca juga: Tak Hanya Beri Obat, Dokter Juga Harus Berikan Edukasi untuk Pasien Diabetes

Menurut dr Wisma, selama masalah resistensi insulinnya tidak diperbaiki, maka orang tersebut akan tetap sulit untuk bisa hamil dan memiliki keturunan.

"Iya selama resistensi insulinnya tidak diperbaiki, dia tidak akan bisa punya anak. Kalaupun hamil, rentan keguguran. Bahkan untuk hamil pun susah," tutur dr Wisma.

Ia menyimpulkan, ketika seorang wanita mengalami masalah sulit hamil karena PCOS, maka bisa dicari tahu apakah mungkin penyebab utamanya adalah diabetes. "Kalau masalah seperti itu kan kadang kita suka tidak kepikiran karena diabetes ya. Biasanya susah hamil ya karena infertilitas saja. Tapi obgyn endokrin yang mengerti pasti dikejar, dicari tahu kadar insulinnya berapa," imbuhnya.

Baca juga: Begini Aturan Pola Makan yang Dianjurkan untuk Pasien Diabetes

(ajg/vit)
News Feed