Rabu, 18 Mei 2016 20:08 WIB

Meski Tubuh Lumpuh Separuh dan Berkursi Roda, Nate Bisa Jadi Atlet Tenis

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Nate Melynk/FOX Foto: Nate Melynk/FOX
Jakarta - New York - Di tahun 2009, Nate Melynk mengalami kelumpuhan dari bagian pinggang hingga kakinya akibat kecelakaan mobil. Padahal, Nate dikenal sebagai anak yang aktif berolahraga, terutama bermain tenis.

Namun, Nate yang kini bersekolah di Harborfields High School mengaku tenis bisa membantu memulihkan kondisinya. Bahkan, saat ini Nate bergabung dalam pertandingan tenis yang diadakan salah satu universitas dan ia didapuk sebagai atlet tenis berkursi roda pertama di Inggris dengan tubuh yang sehat.

"Kursi roda khusus ini didesain supaya saya bisa bermanuver dengan cepat memukul bola tanpa terjatuh. Saya menikmati berada di lapangan karena amat menyenangkan bisa berkeliaran ke sana ke mari dengan teman-teman saya," tutur Nate seperti dilaporkan Fox5.

Memang, Nate merasa adalah sebuah keajaiban di mana dia bisa mengoptimalkan lagi bagian atas tubuhnya dan tetap bersemangat untuk melakukan aktivitasnya. Padahal, Nate harus menggunakan kursi roda untuk mobilisasinya. Sang pelatih, Bob Davis menambahkan jika kegigihan Nate menjadi inspirasi bagi murid-murid lain.

Baca juga: Kegiatan Ini Ingin Tunjukkan Para Difabel Masih Punya Fungsi Seks yang Baik

"Saya sudah melatih dia dari kelas awal sampai sekarang. Bahkan ketika dia menggunakan kursi roda, Nate tetap percaya diri menghadapi lawan main tenisnya dari segala usia dan dengan berbagai macam kemampuan," kata Bob.

Salah satu teman Nate, Bobby Bellino juga mengaku terinspirasi oleh Nate. Awalnya merasa iba dengan kondisi Nate, kini mata Bobby bisa terbuka karena meski Nate tidak memiliki tubuh yang sempurna, ia tetap semangat bermain tenis. Semangat yang dimiliki Nate pun menurut Bobby patut diacungi jempol.

Menurut United States Tennis Association, atlet tenis dengan kursi roda mengikuti aturan permainan yang sama. Namun, mereka dibolehkan memantulkan bola dua kali. Di musim kali ini, Nate berencana bermain di turnamen olahraga dengan menggunakan kursi roda dan bergabung dengan tim tenis kursi roda junior.

"Sangat menyenangkan ketika saya menang melawan anak-anak berbadan normal dan sehat karena sebenarnya mereka bisa bergerak lebih cepat. Tapi, saya bisa menaklukkan tantangan itu," kata Nate.

Baca juga: Kenapa Orang Perlu Main Badminton?

(rdn/vit)
News Feed