Minggu, 29 Mei 2016 09:05 WIB

Video: Mewaspadai Risiko Serangan Jantung di Usia Muda

Esty Rahayu Anggraini - detikHealth
Foto: Instagram
Jakarta - Pesinetron cantik Irena Justine meninggal akibat serangan jantung di usia yang masih sangat belia. Untuk menghindarinya, ada banyak faktor risiko yang harus diwaspadai.

Salah satunya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Untuk menjaga tensi tetap normal, dianjurkan untuk selalu menjaga pola makan. Diet tinggi garam serta kurang olahraga merupakan penyebab terbesar terjadinya peningkatan tekanan darah.

Faktor berikutnya yang harus diwaspadai adalah obesitas atau kegemukan. Seperti lingkaran setan, kegemukan membuat aktivitas fisik terhambat. Begitu pula sebaliknya, kurang aktivitas fisik juga berperan besar memicu kegemukan. Agar terhindari dari risiko serangan jantung, lingkaran tersebut harus diputus dengan banyak berolahraga.

Tidak lupa, riwayat keluarga juga termasuk faktor risiko yang perlu diwaspadai. Faktor risiko yang satu ini memang tidak bisa dikendalikan karena tidak seorang pun yang bisa memilih garis keturunan, namun tetap penting untuk diwaspadai. Artinya jika ada riwayat serangan jantung dalam keluarga, maka fakto risiko lainnya harus dikendalikan.

Berbagai faktor risiko serangan jantung di usia muda bisa disimak dalam video berikut ini:

(up/up)